Cara Membuat Donat Lembut dengan Mudah dan Praktis - Menurut Wikipedia Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.


Cara Membuat Donat Lembut dengan mudah

Sejarah Asal Usul Kata Donat

     Pada tahun 1809, dalam buku History of New York oleh Washington Irving, kue yang berbentuk bola dengan bolongan ditengahnya disebut dengan nama "doughnuts" atau "olykoeks". Dalam bahasa inggris kita mengeja nama makanan ini dengan sebutan doughnut, sedangkan orang Amerika, biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut.

Istilah nama donut pertama kali digunakan di artikel pada surat kabar Los Angeles Time pada tahun 10 Agustus 1929. Penulis yang bernama Bailey Millard berkelakar menulis kalimat "Can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'".

Ia bermaksud mengeluh atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun.Penulisan dalam dua kata donut dan doughnut ditemukan kembali pada artikel di surat kabar ternama The New York Times, tentang "National Donut Week" yang meliput acara kegiatan World's Fair di tahun 1939. Sebanyak 2 kali ejaan donut yang muncul pada 4 artikel yang dimuat pada 9 Oktober 1939.

Pada tahun 1940 dunkin donut yang membuka dengan nama Open Kettle di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat yang merupakan perusahaan tertua yang menulis nama donat sebagai "donut". Padahal sebenarnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yang merupakan perusahaan pertama yang menulis donat sebagai "donut" setelah perang dunia II.

Itulah Sedikit kisah sejarah kata donat, selanjutnya mari menuju resep dan cara pembuatan donat, silahkan simak artikelnya dibawah ini:

Bahan yang diperlukan dalam membuat Donat


Bahan A
  • 4 kuning telur ayam
  • 100 gram mentega
  • 200 ml air hangat

Bahan B (Aduk rata)
  • 600 gram tepung terigu blend  
  • 11 gram ragi instan
  • 80 gram susu bubuk full cream
  • 75 gram gula pasir halus
  • 1/2 sdt garam halus

Bahan Olesan (Kocok Rata)
  • 100 g margarin
  • 1 sdm gula bubuk


Bahan Hiasan
  • Keju Cheddar parut
  • Meises warna-warni
  • Saus Coklat/Strawberry

Cara Membuat Donat dengan Mudah 

  1. Tempatkan bahan B kedalam wadah.
  2. Tuangkan kuning telur yang sudah dikocok rata kemudian aduk hingga rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil uleni hingga adonan benar-benar menjadi kalis.
  4. Masukkan mentega, uleni kembali hingga kalis.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah itu, kempiskan adonan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian. Tiap bagiannya adalah 30 gram (ditimbang terlebih dahulu).
  7. Kemudian bulatkan bentuknya setiap adonan, tusuk bagian tengahnya dengan menggunakan jari telunjuk sambil putar hingga berlubang. Atau bisa menggunakan sumpit untuk melubangi.
  8. Diamkan selama 15 menit Resep Donut Empuk Ala Dunkin Donut
  9. Tuangkan minyak dalam jumlah besar dan panaskan minyak di atas api sedang. Goreng donat hingga mengapung dan kering berwarna Kuning Keemasan. Angkat dan sisihkan.
  10. Taburi dengan bahan Taburan.
Donatpun siap di hidangkan :)
 
Top