Penyebab Jerawat Dan 10 Cara Mengatasinya


Pada kenyataannya semua orang pasti pernah memiliki jerawat,akan tetapi tidak semua orang memiliki jerawat yang berlebihan atau mengganggu penampilan.

            Kenapa diusia remaja orang sering mengalami jerawatan  yang parah adalah karena mereka melalui perubahan hormon selama masa pubertas.dan pada orang dewasa biasanya itu terjadi karena faktor stres yang memicu ketidak seimbangan hormon.


 

Saya mencari tahu lebih dalam lagi apa sebenarnya penyebab jerawat ??

Jerawat adalah tanda kekacauan yang terjadi pada kelenjar sebaceous, dimulai dari lapisan dermis kulitmu. Folikel rambut dapat tersumbat dengan kotoran dan minyak berlebih, meski terkadang sumbatan ini tidak terlihat di permukaan kulit,dan ini merupakan akar utama dari semua jerawat.

Selanjutnya saya akan akan menjelaskan tahapan sumbatan dari jerawat,di bawah ini ada 5 tahapan sumbatan dan sumbatan tersebut akan membuat tumbuhnya jerawat yang berbeda-beda.

1.   Epidermis

2.   Basal layer

3.   Dermis

4.   Sebaceous gland

5.   Excess oil and sebum

 

 

Bagaimana ini bisa menyebabkan jerawat??

 

Ketika bakteri bereaksi dengan pori-pori yang tersumbat, dapat membentuk jerawat.

Pori-pori yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri, dapat membengkak dan membentuk jerawat. Pembengkakkan ini disebabkan oleh cairan yang terperangkap dalam kulitmu. Sementara jerawat membesar dan membentuk titik-titik yang berwarna putih, merah, atau kuning permukaan kulitmu.

 

Cara mengatasi jerawat

Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi jerawat anda antara lain :

1.   Madu

 

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah menggunakan madu. Madu yang bisa digunakan adalah madu murni. Madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Bahkan, madu juga sering digunakan untuk mengatasi jerawat batu.

Cara penggunaannya, Anda bisa langsung mengoleskan madu dengan jari ke area kulit yang berjerawat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu ke masker yang sedang digunakan.

2.   Cuka apel


 

Cuka sari apel adalah obat alami paling mumpuni untuk menghilangkan jerawat membandel dari wajah. Kemampuan utama dari cuka apel adalah membunuh bakteri penyebab infeksi di wajah.Anda dapat menggunakan nya dengan cara mengoleskan kewajah anda.

3.   Putih Telur



Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau 
flek hitam bekas jerawat.
Cara pemakaian :
Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya kemudian kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk.

 

4.    Kulit Pisang



Selain buahnya yang baik untuk kesehatan ternyata kulit pisang juga memiliki fungsi yang baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan jerawat.
Cara pemakaian :
Siapkan kulit pisang jenis apa saja, kemudian gosokkan pada wajah yang berjerawat secara melingkar. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan diamkan dengan air bersih.

 

5.   Jus lemon



Lemo mengandung vitamin c dan asam nitrat yang berfungsi untuk mengobati jerawat serta membantu pengelupasan kulit.
Cara pemakaian :
Siapkan jus lemon kemudian oleskan pada wajah menggunakan kapas. Jika terasa perih anda dapat menambahkan sedikit yogurt kedalam jus tersebut. Diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih hingga bersih.

6.    Minyak Pohon Teh



Minyak pohon teh dapat melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati yang dapat mencegah terjadinya infeksi di bagian bawah permukaan kulit serta mencegah terjadinya infeksi.
Cara pemakaian :
Encerkan minyak pohon teh dengan cara mencampurnya dengan air dengan perbandinga 1:9 (minyak teh 1 tetes banding air 9 tetes). Kemudian sebelum pemakaian bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air bersih setelah itu oleskan pada wajah anda menggunakan kapas hingga merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering dan bersihkan menggunakan air setelahnya.

 

7.   Alpukat dan Madu



Banyak yang beranggapa bahwa buah alpukat dapat menyebabkan jerawat namun sampai saat ini belum terbukti apakah itu benar atau tidak. Akan tetapi kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah alpukat ini ternyata baik untuk menyembuhkan jerawat. Ditambah dengan madu makan akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur.
Cara pemakaian :
Campurkan buah alpukat dengan madu hingga berbentuk seperti pasta kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diakan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

 

8.     Lidah buaya


 

Daun lidah buaya memiliki kandungan gel yang banyak dan bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah. Selain itu gel lidah buaya juga berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit secara alami dan menyeluruh. Bagaimana cara mendapatkan gel dari lidah buaya ? langkah pertama yang harus anda lakukan adalah :

Potong satu daun lidah buaya dari rumpunnya. Pilih daun yang besar karena semakin besar daunnya maka kandungan gel pada lidah buaya juga santa banyak.
Biarkan selama 5 menit untuk mengeluarkan getah lidah buaya yang berwarna kuning. Bagi anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Terkadang getah buaya ini akan menimbulkan rasa gatal pada kulit.Kemudian kupas kulit nya dan bilas ddengan air yang bersih. Jika semua kulit sudah terkupas baru anda dapat mengambil gel lidah buaya dari isinya.

Oleskan gel lidah buaya pada bagian yang berjerawat.

 

9.     Jeruk Nipis


 

Siapkan jeruk nipis yang memiliki ukuran lebih besar. kemudian panaskan diatas lilin atau dama selama duamenit.
Setelah panas peras dan tuangkan airnya keatas piring kecil.
Baru kemudian campurkan keduanya secara merata dan oleskan pada wajah.
Tips, sebelum memoleskannya pada wajah oleskan saja secara tipis karena masker ini nantinya akan sangat lengket sekali pada wajah anda. Sehingga sulit dibersihkan namun perlu kesabaran untuk menghilangkan masker ini secara perlahan.

 

10.      Baking Soda

 



Baking soda selain dapat digunakan sebagai bahan membuat kue, memiliki banyak manfaat untuk mengobati jerawat batu. Berikut ini manfaat soda kue untuk jerawat batu dan cara menghilangkan jerawat dengan soda kue:

ü Baking soda dapat memicu produksi kolagen. Nah, kolagen ini sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menyembuhkan jerawat batu dengan cepat.

ü Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah sekaligus mengobati berbagai macam peradangan jerawat, termasuk jerawat batu.

 

Cara menghilangkan jerawat batu dengan baking soda.

 

Pertama, siapkan baking soda sebanyak 2 sendok teh dan campurkan dengan 1 sendok teh air, kemudian campur hingga merata.

Kemudian oleskan masker baking soda ke area kulit yang terdapat jerawat batu.

Diamkan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit di kulit anda, kemudian cuci dengan menggunakan air bersih dan keringkan.

Untuk hasil yang maksimal, maka gunakan masker baking soda ini sehari sekali secara rutin hingga jerawat batu memudar.

 

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Posting Komentar

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top