Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Alami Dan Mudah

     Luka bakar adalah kerusakan lapisan kulit yang disebabkan oleh benda panas, termasuk api, air panas, dan uap panas. Rusaknya kulit akibat luka bakar membuat penderitanya rentan mengalami infeksi, karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, penanganan perlu dilakukan secepatnya.

                 Tingkat keparahan luka bakar dibagi menjadi beberapa tingkat yang disebut sebagai derajat luka bakar, Berbeda tingkat keparahan dan derajatnya, tentunya berbeda juga gejala serta penanganannya. Tingkat keparahan luka bakar dibagi menjadi 3, yaitu derajat 1, derajat  2, hingga derajat 3.

·         Luka Bakar Derajat  1

kerusakan di lapisan luar kulit (epidermis).

·         Luka Bakar Derajat  2

kerusakan di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis).

·         Luka Bakar Derajat  3

Kerusakan hingga mencapai lapisan lemak, serta merusak saraf dan pembuluh darah.

 

Penyebab Luka Bakar

penyebab luka bakar adalah bersentuhannya kulit sumber panas. Sumber panas yang dapat menyebabkan luka bakar bermacam-macam, seperti berikut ini:

 

1.        Panas kering (api yang bisa disebabkan oleh bensin, minyak tanah, gas elpiji)

2.        Panas basah (uap atau cairan panas seperti air panas, minyak panas, atau kuah panas)

3.        Listrik dari sumber listrik atau petir

4.        Radiasi

5.        Bahan kimia

6.        Sinar matahari

Komplikasi Luka Bakar

Jika tidak diobatai secara benar maka luka bakar dapat menyebabkan komplikasi,adapun jenis komplikasi tersebut adalah :

1.        Bekas Luka

2.        Hipotermia

3.        Gangguan Pernafasan

4.        Infeksi

5.        Kehilangan Banyak Cairan

Pencegahan Luka Bakar

cara untuk mencegah terjadinya luka bakar. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah luka bakar adalah tidak lupa mematikan api atau sumber api, tidak merokok di dalam gedung, dan menggunakan pelindung tangan saat memasak. Selain itu untuk menghindarkan anak-anak dari luka bakar, jauhkan anak dari segala sumber api seperti korek api.

 

Dibawah ini ada beberapa cara untuk menyembuhkan/menghilangkan bekas luka bakar dengan alami dan cepat,yaitu :

1.       Minyak Wijen

Minyak wijen dapat membantu melembapkan kulit serta menyerap sisa panas pada luka bakar sehingga penyembuhan pun berjalan lebih cepat. Bahan alami ini juga bisa mencegah timbulnya bekas luka.

 

2.    Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung senyawa anti peradangan dan mampu memperbaiki sirkulasi, serta menghambat pertumbuhan bakteri. Oleskan gel secara langsung dari batang daun lidah buaya kepada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Lidah buaya atau aloe vera efektif digunakan sebagai tumbuhan yang mampu mengobati luka bakar derajat pertama dan kedua. 



 

3.    Madu

cepat dibandingkan Madu memiiki sifat antiradang dan antibakteri. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengoleskan madu pada luka bisa membantu menyembuhkan dan membersihkan area yang terluka, mengurangi rasa sakit, dan menyamarkan bekas luka. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa madu bisa menyembuhkan luka bakar lebih krim antibiotik tradisional dan kain kasa.

 


 

4.    Minyak Lavender

Minyak yang memiliki sifat antibakteri ini ternyata juga memiiliki efek penyembuhan pada luka bakar. Dua sampai tiga tetes minyak lavender pada luka bakar bukan hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga meminimalkan jaringan parut yang terbentuk. Pada beberapa orang, muncul efek seperti terbakar saat menggunakan minyak ini, tapi lama kelamaan akan berkurang efek yang dirasakan beserta bekas luka bakarnya.

Jangan langsung meneteskan minyak ini ke kulit yang terbakar. Campurkan dulu 1-2 tetes minyak ini dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil. 

Meskipun minyak lavender bisa membantu proses penyembuhan luka bakar, hati-hatilah terhadap waktu penggunaannya sebab minyak ini memberikan efek menenangkan untuk membuat orang mudah tertidur.


 

5.    Kunyit Dan Susu

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi serta antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka bakar. Sementara susu membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan menghilangkan bekas luka yang tertinggal.

 



0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Posting Komentar

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top