Sudah cukup lama saya tidak posting apa-apa didalam blog ini, itu disebabkan karena beberapa bulan terakhir saya lebih fokus dalam pengembangan program aplikasi android, dan pada kesempatan ini saya akan mengisi kembali blog ini namun dengan sesuatu hal yang berbeda, kalau biasanya saya berbagi tentang trik dan tips, untuk postingan kali ini saya akan mencoba menulis sesuatu yang berbeda

irwan manurung

 Pernahkah kamu merasa difitnah? saya rasa semua orang yang sudah lama hidup didunia ini pernah mengalaminya. rasanya menyedihkan sekali bukan, disaat kita dituduh melakukan apa yang sama sekali tidak kita lakukan.

tentu fitnah adalah sesuatu hal yang sangat kejam, sehingga tidak jarang kita mendengar istilah memfitnah lebih kejam dari membunuh.

Source: sinyal.co.id


Apa sih pengertian fitnah secara umum?

      Dalam pengertian umum fitnah dapat di artikan dengan komunikasi kepada satu orang atau lebih yang bertujuan untuk memberikan stigma negatif atas suatu peristiwa yang dilakukan oleh pihak lain berdasarkan atas fakta palsu yang dapat memengaruhi penghormatan, wibawa, atau reputasi seseorang.

image source:http://artimimpi.web.id


  Kenapa fitnah bisa terjadi?

    ketika kamu difitnah pasti ada pertanyaan yang muncul dalam pikiranmu, kenapa dia sampai tega memfitnah saya.

img src : kompasiana.com
     Biasanya Orang yang melakukan fitnah dilatar belakangi oleh suatu kebencian, sehingga mendorongnya untuk berlaku tidak adil terhadap lawannya. 

Apapun alasannya, fitnah tidak dibenarkan karena akan merusak suatu pencitraan. Terkelabui fitnah dengan memfitnah orang lain, hal itu akan mempengaruhi masyarakat umum dalam memperlakukan si yang terkena fitnah. Asalnya bersikap ramah kepadanya, kini berubah menjadi suatu cemoohan karena terhasut si penyebar fitnah.

Coba bayangkan, berapa orang yang tercuci mindset-nya jika disuguhi fitnah yang tidak bertanggung jawab. Pada giliran fitnah itu terbongkar, maka orang-orang tersebut akan balik membenci si pelaku fitnah, bahkan lebih dari itu. Memfitnah sama saja menyulut api perselisihan yang tentunya memberikan efek negatif dalam pola kehidupan. 




Seseorang yang memfitnah secara tidak langsung tengah menunjukkan kelemahannya dalam menghadapi lawan, sehingga ia melakukan hal-hal yang tidak manusiawi. Citra diri sebagai insane mulia ia coreng dengan perangai tak masuk akal yang tidak menjamin kekekalan. Para pelaku fitnah umumnya akan terbongkar aksinya di kemudian hari.


    Bagi yang sedang terkena fitnah berikut hal-hal yang wajib kamu lakukan untuk menemukan kembali dirimu sesungguhnya
  • Minta perlindungan dari Tuhan

Sebagai orang yang dekat dengan Tuhan, hendaklah kamu meminta perlindungan sama Dia. Berdoalah semoga Tuhan selalu melindungi kamu di setiap keadaan. Percayalah kalo Tuhan Maha Tahu, siapa yang salah dan yang benar.

  • Kuatkan mental

Jika kamu difitnah dan kamu terlihat lemah, lesu, dan loyo, dapat dipastikan kalo hidup kamu akan semakin tertekan. Jangan perlihatkan kelemahan kamu. Pegang teguh prinsip berani karena benar. Jangan pedulikan apa kata orang meskipun kamu dipandang negatif sama mereka. Tegaskan dengan perbuatan kalo kamu memang benar.

  • Sabar
img src : http://katabijak.co
 
Orang yang difitnah pasti akan diterpa angin masalah yang kencang. Bersabar adalah benteng utama dalam menghadapi fitnah.

  • Stop asking Why
Berhentilah bertanya kenapa. Kenapa harus kamu, kenapa begini, kenapa begitu, semua itu adalah pertanyaan yang membuang waktu. Cukup hiraukan saja apa kata orang lain tentang kamu. Satu hal yang paling penting, jangan terlalu membela diri. Cukup katakan tidak dan diam. Orang akan semakin nggak percaya sama kamu kalo kamu terlalu membela diri.

  • Berbenah

Introspeksi diri kamu, meskipun kamu memang nggak bersalah. Carilah alasan kenapa teman kamu memfitnah sedemikian rupa. Mulai dari diri kamu sendiri. Kalo memang ada sesuatu hal yang menjadikan dia benci sama kamu, perbaikilah. Jadilah seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

  • Buat semua orang percaya kepada kamu


Langkah ini adalah yang paling sulit apalagi kalo kamu nyatanya nggak punya teman baik. Jadilah seseorang yang baik dan jangan berusaha untuk sempurna. Cukup lakukan yang terbaik untuk semua orang, maka kamu akan mendapatkan ganjarannya.

  • Balikkan semua fitnah yang kamu terima
Ini semua tergantung fitnah apa yang ditujukan ke kamu. Lakukan hal-hal yang menjadi kebalikan dari fitnah tersebut. Misalnya, kamu dituduh berbohong, ya jadilah orang yang jujur. Intinya, buktikan bahwa semua hal tersebut adalah fitnah semata.

  • Maafkan dan berbuat baiklah pada yang memfitnah kamu



Bila semua orang percaya kalo hal tersebut cuma fitnah, ini saatnya kamu memaafkan teman kamu itu. Jangan jahati dia. Maafkan, dan berbuat baiklah. Balas keburukan dengan kebaikan. Ambil sisi positifnya saja, yakni kamu menjadi orang yang lebih sabar dari sebelumnya.

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Post a Comment

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top