Masalah Susah Mengakses Halaman Login Pada Akun Kampus Mahasiswa - puskom.amiktunasbangsa.ac.id Hello, Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini, Pada artikel ini saya akan berbagi sebuah tips yang mungkin sedang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan untuk mengakses halaman Website login Mahahasiswa.

Login Mahasiswa

    Tips yang akan saya bagikan dalam artikel ini berdasarkan dari pengalaman saya sendiri. Oh ya, Perkenalkan nama saya Irwan Manurung, dan saat ini (2016) saya sedang aktif kuliah disalah satu kampus di kota Pematang Siantar yaitu ATB (Amik Tunas Bangsa)

Irwan Manurung
 
    Pengalaman saya ini bermula ketika saya sedang ingin mencetak KRS atau kartu Rencana Studi yang katanya bisa di isi dan dicetak dari Halaman Website Portal Akademik Amik Stikom Tunas Bangsa, dengan cara Login terlebih dahulu

Sayapun mengunjungi situs website yang sudah diberitahukan tersebut alamat situsnya di http://puskom.amiktunasbangsa.ac.id

Ketika itu saya heran, dalam hati saya bertanya "kok halaman login mahasiswa tidak bisa dibuka yah?",  yang saya lihat pada layar laptop saya hanya layar putih saja, kemudian beberapa saat kemudian muncul tulisan "Problem Loading Page" pada tab, dan pada tampilan halamannya muncul "The Connection was reset" seperti screenshoot dibawah ini

the connection was reset


 Saya coba Lagi sampai beberapa kali tetap saja tidak bisa. dan hasilnya masih tetap seperti diatas!

Ketika itu saya bertanya kepada teman saya, kebetulan dia berada tidak jauh dari saya!

Saya : kok halaman login mahasiswa tidak bisa di akses yah?
mr.x  : emang gk bisa, harus dari kampus baru bisa, emang kamu mau ngapain?
Saya: mau isi sekalian cetak  KRS nih rencana.
mr.x : Ya udah, kamu bilang saja sama bagian akademik di kampus, kalau kamu ingin cetak KRS. saya aja cetak disana kok, teman-teman saya juga cetak KRS disana.

Saya:Oh, cetaknya memang harus disana yh. okay lah!

    Kebetulan saya adalah orang yang suka dengan tantangan apalagi tantangan tersebut tentang masalah seputar komputer,jaringan,web, dan lain-lain.  Sayapun memutuskan untuk memecahkan sendiri masalah yang sedang saya alami tersebut tanpa harus melakukan seperti apa yang dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu mendatangi bagian akademik hanya untuk mengisi dan mencetak KRS hehehe..

Jurus pertama saya lakukan tidak berhasil. Ganti jurus kedua, juga tidak berhasil. Ganti jurus ke tiga wah kok belum berhasil yah!.
pokoknya aku harus bisa memecahkan masalah ini (dalam hati), masuk jurus kelima, ke 6,.. ke 7..,ke 8, ke x,x,x,xx,x,x,x,..................
Dan pada akhirnya dengan menggunakan banyak Jurus, saya pun berhasil menemukan cara mengatasi masalah Tidak Bisa Mengakses Halaman Login Mahasiswa ini, lihat Gambar halaman Login Mahasiswa Yang sudah berhasil saya buka dibawah ini.

Perhatikan yang saya beri tanda panah atau yang saya beri kotak merah, itulah yang menyebabkan halaman ini jadi bisa di buka.

Login Amik Stikom Tunas Bangsa


Portal akademik amik stikom tunas bangsa



Biar saya jelaskan, yang saya beri tanda panah tersebut dinamakan VPN atau Virtual Private Network jadi dalam kasus ini, Saya mengubah server jaringan saya yang sebenarnya berasal dari INDONESIA menjadi NETHERLANDS,

Jadi apa hubungan VPN dengan Masalah Tidak Bisa Mengakses Halaman Login Mahasiswa?

    Jadi sebenarnya alasan kenapa Kita Tidak Bisa Mengakses Halaman Login Mahasiswa dari laptop,komputer, atau warnet?

Sebenarnya hal ini bisa terjadi karena jaringan internet yang kita gunakan tidak dalam kategori aman sehingga menyebabkan kita tidak bisa mengakses halaman login mahasiswa tersebut, karena biasanya sebuah website atau situs penting akan otomatis mem-blokir website atau contentnya untuk jaringan yang tidak aman.

Nah, jadi disinilah kita memerlukan peran VPN. Apa itu VPN?

      VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang akan mengizinkan anda untuk melakukan koneksi ke dalam sebuah jaringan secara aman melalui jaringan internet. VPN juga biasa digunakan untuk mengakses/membypass website atau content yang di blokir oleh suatu lembaga.

Bagaimana cara memasang VPN?

   Untuk artikel ini saya hanya akan menjelaskan cara memasang VPN untuk Mozilla Firefox saja, apabila ada yang menggunakan browser lain silahkan berkomentar dibawah siapa tahu bisa saya bantu :)

Cara Memasang VPN untuk Mozilla Firefox

  • Buka Mozilla Firefox
  • Kemudian klik tab icon menu selanjutnya klik Add-ons seperti gambar berikut
Add-ons mozilla firefox
  • kemudian klik Get Add-ons
Get add-ons

  • Pada Kolom pencarian Silahkan ketik Anonymox , kemudian silahkan instal Add-ons tersebut
search anonymox



Begitulah cara memasang VPN pada Mozilla Firefox

Cara menggunakannya atau mengaktifkan VPN nya bagaimana?

  • Klik tanda X yang berada pada sebelah kanan atas atau tepatnya di sebelah Open Menu, Silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya
VPN indonesia

  • Selanjutnya Pilih Active untuk mengaktifkan

Active VPN

Demikianlah Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengakses Halaman Login Mahasiswa atau Website Yang di Blokir semoga bermanfaat..

#Salam Mahasiswa..

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Post a Comment

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top