Seperti Inilah Kerajaan Rusa di Jepang

      Kota Nara merupakan ibukota Prefektur Nara di Jepang. Kota ini begitu spesial dengan banyaknya rusa yang bebas berkeliaran. Memang, Nara dihuni sekitar 1.200 rusa, dengan sebagian besar hewan menggemaskan itu banyak hidup di Nara Park, bagaikan kerajaan saja!

Rusa tersebut benar-benar hidup bebas, tak ada yang dikerangkeng apalagi diikat. Dalam agama Shinto, rusa diyakini sebagai utusan para dewa. Sehingga hewan-hewan ini pun dianggap sakral oleh penduduk setempat.

Tanduk rusa di Nara tidak sembarangan saja dipotong. Digelar upacara pemotongan tanduk rusa yaitu Shika no Tsunokiri. Traveler juga bisa menyaksikan upacara yang biasanya digelar setahun sekali ini.

Selama di Nara Park, rusa yang tanduknya pendek sekali dan tumpul banyak terlihat. Perilakunya pun sama dengan rusa lainnya yang begitu jinak. Traveler di taman banyak yang asyik mencoba selfie dengan hewan menggemaskan itu, atau memotret berbagai tingkah rusa yang bergerombol di bawah pohon sakura.
Seperti Inilah Kerajaan Rusa di Jepang
Foto: detik.com
Kalau mau memberi makan rusa pun bisa lho. Di Nara Park memang banyak yang menjual makanan untuk rusa. Jadi kalau memang berniat memberi makan hewan itu, traveler bisa membelinya dengan harga sekitar 150 Yen.

Jika sudah memegang makanan ini, jangan kaget kalau tiba-tiba sejumlah rusa mendekati Anda. Terkadang rusa jadi lebih agresif mendekati orang yang memegang makanan. Kalau sudah didekati begini, sebaiknya jangan panik dan berikan makanan dengan perlahan ke masing-masing rusa.
 
Top