Penyebab Rasa Malas Yang Seringkali Membelenggu Jiwa

Sebenarnya, ada banyak sekali penyebab rasa malas, namun disini saya hanya share 3 saja, karena 3 hal ini yang sering terjadi pada banyak orang (setidaknya menurut saya :-) )

1. Mempunyai Pikiran Negatif
pikiran negatif sangat berbahaya jika terus dipelihara dalam kehidupan kita.

Mau melakukan ini, takutnya nanti seperti itu, mau melakukan itu, takutnya nanti seperti ini. Ada orang berbuat baik dikira ada sesuatu, ada orang berbuat jelek dianggap tidak tahu aturan, dan masih banyak sekali contoh-contoh pikiran negative yang merusak.

Yang mana jika pikiran ini dipelihara akan membuat anda diam tanpa kata dan tanpa kerja karena selalu ada yang menghalangi yaitu pikiran anda.

2. Tidak Yakin
Penyebab kedua yang sering terjadi adalah ketidak yakinan. Saya sering mengalaminya dan mungkin anda juga pernah mengalaminya, bukan..?? :-)

saat ada tugas yang harus segera diselesaikan, namun dalam hati masih ada keraguan apakah kita mampu menyelesaikannya, apakah kita bisa menyelesaikannya tepat waktu, yang akhirnya malah membuat kita melamun dan tidak melakukan sesuatu apapun.

Saat kita mempunyai impian besar, namun kita tidak yakin bahwa kita bisa menggapainya, maka yang terjadi adalah kita hanya menghayal tanpa action dan rasa malaspun terus menyerang kita.

Rasa tidak yakin membuat kita malas melakukan sesuatu.

3. Tidak Ada Saingan
Tanpa adanya saingan, anda akan melangkah sendirian tanpa adanya yang menggenjot semangat anda.

Saat anda melangkah sendirian, anda akan merasa bahwa anda bisa bersantai ria untuk menggapai impian anda atau untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

Dan saat anda bersantai ria, maka rasa malas akan menghampiri anda dan menyelimuti setiap langkah anda.

3 Cara Mengatasi Rasa Malas Dengan Cepat

Setelah mengupas apa saja penyebab-penyebab rasa malas yang sering terjadi pada setiap manusia, selanjutnya akan saya share bagaimana cara mengatasinya.

1. Selalu berfikir positif
Seperti yang saya katakan di atas, bahwa penyebab rasa malas pertama adalah pikiran negatif, maka untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan selalu berpikir positif. Lalu bagaimana cara melakukannya..??

Salah satu trik yang sangat sederhana adalah setiap pagi ketika anda bangun tidur, ketika mau berangkat kerja, dan atau ketika mau melaksanakan kegiatan lainnya, selalu biasakan mengatakan, “Alangkah Indahnya Pagi ini..!” atau “Alangkah Indahnya Pekerjaan Ini”

Dan tulis kata-kata tersebut dikamar anda tepat di depan tempat tidur anda, sehingga ketika anda bangun, anda langsung membaca kata-kata tersebut.

Praktekkan tips sederhana ini setiap kali anda mau melakukan kegiatan, maka sedikit demi sedikit fikiran negative dalam diri anda akan hilang dan berganti dengan pikiran positif dan rasa malaspun akan kabur dari anda.

2. Catat Dan Selalu Renungkan Goal/Tujuan Anda, Dan Yakinlah Bahwa Anda Pasti Sukses.
Dengan mencatat dan merenungkan apa yang menjadi tujuan anda, maka anda akan selalu merasa tertantang untuk meraih kesuksesan itu, dan juga anda juga harus selalu yakin bahwa anda akan sukses. Karena,

Meskipun anda mencatat Goal anda tapi anda tidak yakin bahwa anda akan sukses meraihnya, maka setiap saat anda melakukan kegiatan tersebut, hanya hampa yang akan anda rasakan, karena tidak yakin kalau anda akan sukses.

Untuk menumbuhkan keyakinan dalam hati adalah dengan menulis apa yang ingin kita gapai, tulislah apa yang ingin anda raih dan katakan dalam hati bahwa anda pasti bisa melakukannya.


3. Selalu Lihatlah Orang-orang Sukses Disekitar Anda
Mengapa ini penting..?? Seperti yang saya katakan di atas, bahwa tanpa saingan, anda akan merasa berjalan sendiri dalam meraih cita-cita anda.

Dan ketika anda merasa sendirian, maka tidak ada yang menggenjot semangat untuk cepat melakukan pekerjaan anda atau menggapai impian anda.

Salah satu cara mudah untuk menemukan saingan adalah dengan melihat orang-orang yang sudah sukses, khususnya yang goalnya sama dengan anda, maka anda akan selalu termotivasi untuk bisa seperti mereka,

Ada sebuah kata-kata super dahsyat dalam hal ini yaitu “Kalau Dia Bisa, Kenapa Saya Tidak!! Wong Sama-Sama Manusia” kata-kata juga harus selalu anda renungkan untuk menghilangkan rasa malas dalam diri anda.

 
Top