• JAVA

java

       Java adalah pemrogramman serba guna, dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana anda membuatnya dengan bahasa C atau pascal.



Java merupakan bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.
Java dikembangkan oleh Sun Microsystems pada Agustus 1991, dengan nama semula Oak(pohon yang mirip dengan jati), kenapa karena pada waktu itu pembuatnya melihat pohon ini pada jendela rumahnya. Pembuatnya bernama James Gosling.

Menurut beberapa literatur disebutkan bahwa Java merupakan hasil perpaduaan dari sejumlah bahasa pemrogramman, yaitu C, C++, SmallTalk, Common LISP, yang tak kalah penting adalah bahwa Java dilengkapi paradigma pemrogramman yang sederhana. Jika anda mengenal C atau keluarga C yang lainnya yang mengandalkan pointer, maka anda akan merasakan keruwetannya, Java justru tidak menggunakan pointer.

Salah satu kelebihan dari java adalah dapat dijalankan pada sembarang komputer dan bahkan sembarang sistem operasi, ketidak tergantungan ini sering disebut dengan istilah portabilitas, yang menariknya disini tingkat portabilitas Java tidak hanya sebatas pada program sumber

  • Memahami Program Java

Contoh :

1 // Berkas : PengenalanJava.java

2

3 public class PengenalanJava{

4 Public static void main(string[ ] args){

5 System.out.println(“Pengenalan Java”);

6 }

7 }



Berikut Penjelasan dari setiap angka diatas :

Baris (1) menyatakan suatu komentar. Komentar adalah keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan kepada pembaca program. Dalam hal ini baris ini menyatakan bahwa program ini disimpan pada berkas bernama SelamatBelajar.java.

Komentar biasa dipakai dalam program dengan tujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi pembaca program. Komentar dapat berupa nama pembuat program, tanggal pembuatan program, fungsi program ataupun penjelasan untuk bagian tertentu dalam program.

Komentar dapat dibuat dengan menggunakan pasangan tanda /*dan */. Semua tulisan yang berada dalam pasangan tanda tersebut akan diperlakukan sebagai komentar, contoh :

/* Sebuah komentar

bisa beberapa baris

seperti ini */

suatu komentar juga dapat dibuat dengan menggunakan awalan //. Semua tulisan setelah tanda ini samapi dengan akhir baris tulisan diperlakukkan sebagai komentar, contoh :

//Komentar saya

Catatan :

Komentar terkadang dipakai untuk mematikan bagaian program tertentu agar tidak dianggap sebagai perintah sehingga tidak akan dieksekusi namun akan bisa diaktifkan kembali dengan menghapus tanda komentar.

Baris (3) merupakan bagaian untuk mengawali pendefinisian kelas bernama PengenalanJava. Definisi kelas berupa suatu blok, yang diawali dengan simbol { dan diakhiri dengan }. Blok ini dimulai pada baris (3) dan berakhir pada baris (7). Kelas ini memeliki sebuah metode bernama main( )

Definisi main( ) terdapat pada baris (4) hingga (6). Perlu diketahui, main ( ) adalah metode yang akan dijaddikan sebagai awal pengeksekusikan aplikasi Java. Kode yang terdapat pada metode inilah yang akan dieksekusi pertama kali. Aplikasi Java selalu mengandung metode ini.

Metode main ( ) didefinisikan sebagai public static void.

v Kata kunci public menyatakan bahwa metode ini bisa dipanggil dari mana saja (baik dari dalam kelas itu sendiri maupun dari luar kelas).

v Kata kunci satic menyatakan bahwa metode ini bersifat sama untuk semua instan kelas.

v Kata kunci void berarti bahwa metode ini tidak memberikan nilai balik (sebuah metode jika diperlukan dapat memberikan nilai balik).

       Setelah kata main terdapat dalam kurung. Didalam tanda kurung terdapat string [ ] args. Yang berada didalam kurung ini disebut paramater atau argumen. Dalam hal ini metode main ( ) hanya memiliki sebuah paramater. String menyatakan suatu kelas pada Java yang berhubungan dengan penanganan sederetan huruf. Args yang terletak sesudah string menyatakan array dari objek string. Args inilah yang dapat anda bayangkan sebagai temapat untuk memperoleh argumen baris perintah sebagaimana ketika anda memberikan perintah.

Baris (5)

System.out.println(“Pengenalan Java”);

Merupakan pernyataan untuk menampilkan tulisan :

Pengenalan Java
Tanda titik koma (;) digunakan untuk mengakhiri pernyataan. Dalam hal ini tulisan yang akan ditampilkan diletakkan sebagai argumen milik metode println( ). Metode yang merupakan bagain dari objek out ini merupakan metode untuk menampilkan tulisan ke keluaran layar (monitor). Out sendiri adalah anggota objek dari objek system. Tanda titik digunakan untuk memisahkan metode terhadap objek yang melingkupinya dan objek yang menjadi bagaian dari obek lain juga perlu ditulis dengan pemisah berupa titik.

  • Karakter Pada Java

Elemen – elemen pada pemograman java adalah karakter. Yang dimaksud karakter bisa juga berupa :

Ø huruf ( A sampai dengan Z , atau a sampai z ),

Ø angka ( 0 sampai dengan 9 ),

Ø simbol ( misalnya * dan ! ), dan

Ø kode kontrol ( misalnya formfeed dan newline ).

Berbeda dengan bahasa – bahasa pendahulunya ( misal C dan C++ ), Java tidak menggunakan himpunan kode ASCII ( American Standard Code for Information Interchange ) untuk menyatakan karakter, melainkan memakai himpunan Unicode.

Dengan menggunakan Unicode, tidak hanya huruf Latin yang dapat dicakup, melainkan juga huruf – huruf yang digunakan oleh berbagai bangsa seperti Jepang, Korea, dan bahkan Bengali. Unicode dapat menampung berbagai macam huruf karena setiap karakter ditampung dengan 16 bit ( ASCII standar hanya menggunakan 7 bit.

Catatan :

Informasi lebih lanjut mengenai Unicoded dapat dilihat pada http://www.unicode.org
  • Kata Kunci

     Java memiliki sejumlah kata yang bermakna khusus. Kata – kata seperti ini dapat digolongkan sebagai kata kunci atau kata tercadang. Kata kunci tidak dapat digunakan sebagai pengenal untuk digunakan untuk suatu tujuan tertentu. .
Ada 51 keyword dalam java yaitu :

abstract continue for new switch
boolean default goto null synchronized
break do if package this
byte double implements private threadsafe
byvalue else import protected throw
case extends instanceof public throws
catch false int return transient
car final interface short true
class finally long static try
const float native super void




while
  • Pengenal atau identifier pada Java

    Pengenal ( identifier ) adalah nama yang diciptakan oleh pemogram dan digunakan di dalam program untuk memberi nama kelas atau variabel pada program.

Aturan pemberian nama pengenal pada Java adalah sebagai berikut :

Ø Karakter pertama berupa huruf, tanda garis-bawah ( _ ), atau tanda dolar ( $ )

Ø Karakter kedua dan seterusnya dapat berupa sembarang huruf atau angka.

Ø Panjang pengenal bebas ( bisa berapa saja ).

Ø Huruf kapital dan huruf kecil diperlakukan berbeda.

Contoh :

Pengenal yang Valid
   

Keterangan

X
   

Berbeda dengan x

$_99

_nama
   

Awalan $ diperkenankan

Awalan_diperkenankan

namaYangPanjangSekaliJugaBolehKok
   

kuartal_1
   

Bisa mengandung _ dan angka

2minggu
   

Tidak boleh diawali angka

Barang#
   

Tidak boleh mengandung simbol – simbol khusus seperti # dan *

dua minggu
   

Tidak boleh mengandung spasi

Super
   

Tidak diperkenankan karena termasuk kata-kunci

Catatan :

Menurut konvensi, nama pengenal sebaiknya dipilih yang memiliki makna. Misalnya n untuk meyatakan jumlah barang akan lebih baik kalau ditulis menjadi : jumlahBarang. Untuk mendukung makna yang jelas, penggunaan lebih dari satu kata bisa dilakukkan. Untuk variabel, kata pertama diawali dengan huruf kecil dan kata-kata berikutnya diawai dengan huruf kapital, misal : jumlahBarangDiGudang.
  • Tipe Data Primitif

Java memiliki 8 tipe data primitif, meliputi 4 tipe untuk bilangan bulat, 2 tpe untuk bilangan titik mengambang dan sisanya untuk karakter dan boolean.

Berikut tabel jangkauan dan ukuran dari semua tipedata sederhana dalam java :

Tipe Data Primitif
Jangkauan
Ukuran (bit)
byte
-128 s/d 127
8
short
-32767 s/d 32767
16
int
-2147483648 s/d 2147483647
32
long
-9223372036854775808 s/d
9223372036854775807
64
char
sebuah Unicode
16
float
3.4e-038 s/d 3.4e+038
32
double
1.7e-308 s/d 1.7e+308
54
boolean
false = 0 atau true = 1
8
  • Literal

      Literal adalah suatu nilai yang dituliskan pada kode sumber Java. Misalnya, anda menuliskan 4 untuk menyatakan nilai bulat 4 dan ”Pengenalan Java” untuk menyatakan suatu deretan karakter (string). Literal meliputi :

1. literal bilangan

tergolong sebagai long. Simbol L dapat ditambahkan dibelakang bilangan, contoh :

4L bilangan 4 bertipe long

-4L bilangan -4 bertipe long

Suatu bilangan bulat bisa dinyatakn dalam bentuk oktal (basis 8) atau hexadesimal (basis 16). Jika suatu bilangan bulat diawali dengan angka 0, maka bilangan akan dianggap sebagai bilangan oktal, sedangan kalau diawali dengan 0x akan dianggap bilangan hexadesimal.

17 17 oktal

0x17 17 hexadesimal

17 17 desimal (basis 10)

0xA A hexadesimal (A=10) identik dengan 0XA

Contoh :

// Berkas: LiteralBulat.java

public class LiteralBulat {

public static void main(string [ ] args){

System.out.println(17);

System.out.println(017);

System.out.println(0x17);

}

}

Literal bilangan titik mengambang digunakan untuk menyatakan bilangan real. Notasi ang digunakan:

x.y

tanda titik merupakan tanda pecahan. Contoh :

0.1 berarti : 0,1 atau 1/10

.1 sama dengan 0.1

-2.67777 berarti : 2,67777

Catatan :

Literal bertipe double secara explisit juga dapa ditulis dengan akhiran d atau D. Contoh : 0.1d = 0.1

2. literal karakter

Literal karakter digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Karakter ditulis dalam tanda petik (’) tunggal. Contoh :

’a’ karakter huruf a

’#’ karakter simbol #

’8’ karakter angka 8

3. literal boolean

Literal yang hanya dapat berupa kata kunci true (benar) atau false (salah).

4. literal string

String berarti deretan atau kombinasi sejumlah karakter. String pada Java bukanlah sebagai tipe data primitif, melainkan sebagai instan kelas bernama String.

Literal string berupa sederetan karakter yang ditulis dalam tanda petik ganda (”). Contoh :

”Riki”

”Jl. Cempaka 3 No. 24 Blok B6 Griya Sangiang Mas”

”32679450”

””

Suatu string tidak selamanya mengandung banyak karakter. Suatu string juga bisa tidak memiliki karakter satupun, sebagaimana ditunjukkan pada contoh diatas. String seperti ini disebut string kosong.

”abc\ndef” antara abc dan def terdapat newline

”abc\tdef” antara abc dan def terdapat tab

”String\”Halo\”” menyatakan string : ”Halo”

Contoh :

//Berkas: LiteralString.java

Public class LiteralString{

Public static void main (String[] args){

System.out.println(”abc\ndef”);

System.out.println(”abc\tdef”);

System.out.println(”\”Halo\””);

}

}

Definisi Konstanta

Java memungkinkan pendefinisian konstanta melalui kata kunci final. Contoh :

final double PI = 3.14;

Menyatakan bahwa PI adalah konstanta bertipe double dengan nilai 3,14.

  •  Variabel

Menyatakan suatu lokasi didalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada didalamnya bisa diubah. Variabel dapat dibayangkan sebagai suatu kotak. Kotak tersebut dapat diisi pada suatu saat dan pada saat lain dapat diubah.


Nilai semula diubah menjadi    10 33    setelah diubah

Variabel yang digunakan dalam program Java perlu dedeklarasikan. Didalam pendeklarasian nama variabel dan tipe yang dikandung disebutkan, bentuk pendeklarasiaannya :

tipe namaVar[,namaVar]

tanda [] dalam[,namaVar] berarti bahwa yang ada didalam tanda tersebut bersifat opsional.

Contoh :

int jumlahBarang; variabel jumlahBarang bertipe int

float bilPecahan; varabel bilPecahan bertipe float

char huruf; variabel huruf bertipe char

boolean kredit; variabel kredit bertipe boolean

contoh diatas data masing-masing variabel berupa tipe data primitif, tipe variabel dapat berupa nama kelas.

Setelah variabel dideklarasikan, variabel dapat diberi nilai. Caranya adalah dengan menggunakan operator =, penulisannya :

variabel=nilai;

nilai yang diberikan dapat berupa suatu literal, variabel atau bahkan suatu ekspresi (yang melibatkan operator), contoh :

jumlah barang = 10; jumlahBarang diisi dengan bilangan bulat 10

bilReal = 2.5f; bilReal diisi dengan bilangan 2.5 yang bertipe float

huruf = ’A’; Huruf diisi dengan karakter A

kalimat = ”Halo,Lia”;  kalimat diisi dengan string ”Halo,Lia”

Pemberian nilai juga dapat dilakukan saat variabel dideklarasikan. Kaidahnya :

tipe variabel = nilaiAwal;
  • Gaya Penulisan Program

Java merupakan bahasa tulisan yang memperkenankan pemrograman menulis program Java dengan gaya apapun. Umumnya program ditulis dengan bentuk seperti ini.

Bentuk 1:

public class PengenalanJava{

public static void main ( String [] args ) {

System.out.println (”Pengenalan Java”) ;

}

}

Adakalanya program di atas ditulis dengan bentuk seperti berikut :

Bentuk 2:

public class PengenalanJava

{

public static void main (string [] args )

{

System.out.println (”PengenalanJava Java”) ;

}

}

     Penambahan spasi sering dilakukan dengan tujuan agar program mudah dibaca. Namun hal seperti ini bukanlah merupakan suatu keharusan.

Program seperti di atas bisa ditulis menjasi seperti berikut :

public class PengenalanJava{

public static void main (String [] args ) {

System.out.println (”Pengenalan Java”) ; }}

      Masalahnya, penulisan seperti di atas terkesan ”amburadul”. Penulisan seperti itu sulit dipahami oleh yang membaca program ( termasuk barangkali oleh orang yang membuatnya, pada suatu saat nanti. Itulah sebabnya kemudian disarankan untuk memilih gaya penulisan bentuk pertama atau bentuk kedua. Hal lain yang perlu diperhatikan, anda perlu menggunakan gaya penulisan program secara konsisten, agar mudah dibaca oleh orang lain.
  • Pernyataan

Pernyataan adalah instruksi lengkap yang akan diproses oleh Java. Yang perlu diingat, sebuah pernyataan selalu diakhiri dengan tanda titik-koma (;).


  • Operator
      Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data. Operan yang dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim method.
Berikut tabel dan hirarki operator :

Prioritas
Kelompok Operator
Keterngan
1
.  []  () Sekaligus
2
++var, –var, ~, instanceof preincrement, predecrement, unary, instance dari kelas …
3
(type) (casting)
4
! Not
5
*, /, % perkalian, pembagian, modulus
6
+, – penjumlahan, pengurangn
7
<<, >>, >>> geser untuk bil biner
8
<, >, <=, >= pembandingan
9
==, != kesamaan, ketidaksamaan
10
& and
11
^ exclusive or
12
| unconditional or
13
&& conditional and
14
|| conditional or
15
? : shorthand untuk if..then…else…
16
=, +=, -=, *=, /=, %=, ^= operator penugasan
17
&=, |=, <<=, >>=, >>>= operator penugasan
18
var++, var– postincrement, postdecrement

  • Separator
     Separator menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.
Berikut adalah daftar separator di java :

Notasi
Nama
Deskripsi
(…)
kurung mengelompokkan parameter method.
{…}
kurung kurawal mengelompokkan nilai-nilai suatu array,mendefinisikan blok kode kelas ataupun kode method.
[…]
kurung siku mendeklarasikan tipe array
:
titik koma mengakhiri pernyataan, merangkai pernyataan-pernyataan di dalam for.
,
koma memisahkan identifier-identifier di bagian deklarsi variable.
.
titik memisahkan nama-nama package,memisahkan kelas dari objek,dan objek dari method.


Dikutip dari beberapa Source:

wikipedia.org
rhiq.wordpress.com/oop/java-introduction

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Post a Comment

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top