Fungsi FTP dan cara membuat akun FTP terbaru - FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protokol adalah sebuah protocol internet yang merupakan standart untuk pentransferan sebuah file ataupun document antar komputer dalam sebuah jaringan internet ataupun antar jaringan.

Fungsi FTP Dan Cara Membuat Akun FTP Terbaru


        Melalui koneksi FTP kita bisa menghapus, meng-copy maupun lainnya dalam sebuah jaringan. FTP tersebut juga mempunya dua bagian, yaitu : FTP Client dan FTP Server. Dari kedua Bagian tersebut juga mempunyai fungsi ataupun tugas masing-masing.

FTP Client adalah komputer yang merequest koneksi pada FTP server untuk bertujuan menukar file, menghapus file, mengubah nama,  dan lainnya sesuai izin yang diberikan oleh FTP server.
FTP Server adalah sebuah server yang berfungsi untuk melayani FTP client agar bisa saling
menukar file ataupun semacamnya apabila ftp client merequest sesuatu pada ftp server tersebut. Nah, tujuan dari ftp server adalah sebagai berikut :
  • Untuk mensharing Data
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan ataupun storage agar bisa digunakan oleh ftp client
  • Mnyediakan indorect ataupun implicit remote computer. dan lain sebagainya..

Cara membuat akun ftp disebuah hosting ataupun pada Cpanel


  Syarat utama yang harus kita miliki adalah memiliki hosting, bagi anda yang belum mempunyai sebuah hosting, anda bisa mendaftarnya di penyedia layanan hosting yang sudah banyak tersedia diinternet, atau jika hanya untuk sebagai pembelajaran saja anda bisa mencoba hosting gratis di idhostinger ataupun nazuka.

Pada contoh berikut ini saya akan menjelaskan cara pendaftaran  di idhostinger.com caranya klik order hosting baru. Selanjutnya masukkan data yang diminta dan pilih buat hosting. Jika hostingnya sudah siap, selanjutnya silahkan anda klik kelola. Pada saat anda klik kelola tersebut maka akan keluar Cpanel dengan berbagai macam menu, selanjutnya silahkan cari menu akun FTP.

Cara membuat akun ftp disebuah hosting ataupun pada Cpanel


Perhatikan gambar diatas, silahkan ikuti langkah-langkah tersebut untuk membuat akun ftp pada sebuah hosting ataupun Cpanel. Masukkan data yang di minta dan silahkan klik Buat seperti yang ditunjukkan pada tanda panah tersebut. Jika sudah selesai maka akun FTP anda sudah berhasil di aktifkan.
Untuk mengakses akun ftp anda adalah sebagai berikut : ftp.domainkamu.com , ganti domainkamu dengan subdomain yang anda daftarkan saat membuat hosting.


Semoga bermanfaat.
 
Top