Inilah Bahan Pembuat Uang Kertas Yang Perlu Anda Ketahui - Mungkin anda pernah bertanya-tanya, Uang kertas terbuat dari apa yah? kok bisa bagus walaupun sudah direndam di air. Nah jadi untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut ada baiknya saya share artikel berikut ini.

UANG kertas terbuat dari bahan Apa
Uang Kertas RI
   

Pengertian Uang

       Menurut Wikipedia Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.
Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Secara kesimpulan, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.


Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

 Bahan Baku Uang Kertas

       Meski namanya uang kertas, tapi bahan pembuatannya bukanlah dari kertas biasa, melainkan serat kapas yang diolah dari pelepah pisang

Pelepah pisang
Pelepah pisang

Dengan bahan serat kapas yang diolah dari pelepah pisangtersebutlah menjadikannya lebih tahan ketika terendam diair,ditarik-tarik, tekuk-tekuk, bolak-balik, dan sebagainya.

Uang kertas yang dibuat dengan bahan serat kapas ini memiliki ketahanan 3.500 double folds. Artinya bisa ditekuk bolak-balik sekurang-kurangnya 3.500 kali. Itulah beberapa alasan mengapa uang kertas kita bisa lebih awet atau tahan lama.

 Demikianlah Artikel Yang berjudul UANG kertas terbuat dari bahan Apa? Berikut ulasannya
 
Top