Tips Memilih Laptop Untuk Bermain GAME dan Editing - Agar laptop dapat menjalankan grafik game secara mulus pada dasarnya bukan karena processornya, jadi jangan mengira kalau processornya sudah core i3 atau diatasnya maka game akan bisa dimainkan dengan lancar karena sebenarnya ada komponen yang lebih berperan penting dalam hal ini yaitu GPU (Graphic Processing Unit) . Sering saya melihat orang awam selalu salah dalam memilih Spesifikasi laptop dan biasanya mereka mengukurnya dari processornya saja.

Tips Memilih Laptop Untuk Bermain GAME dan Editing


Nah, oleh karena itu disini saya akan berbagi tips bagaimana memilih laptop untuk bermain GAME dan editing yang baik.


1. Kartu Grafis atau VGA

      Karena yang saya singgung disini adalah laptop gaming dan editing maka urutan pertama yang harus diperhatikan adalah GPU (Graphic Processing Unit) nya.
Memilih kartu grafis ( graphic card / VGA ) sangat berpengaruh kepada tampilan dan kualitas disaat kita memainkan game, khususnya untuk game – game skala berat agar tidak lag atau gambar patah-patah. Kartu grafis dari NVIDIA ataupun AMD adalah yang paling banyak peminatnya, karena kinerjanya baik dan harganya cukup lebih murah.


2. RAM

     Urutan kedua komponen penting dalam memilih laptop gaming adalah Ukuran RAM nya.
Pilihlah laptop dengan kapasitas RAM yang besar, misal 4GB keatas. RAM yang besar juga sangat berpengaruh pada kelancaran, dan juga menunjang kinerja laptop saat digunakan. Selain itu perhatikan juga sebelum membeli, apakah laptop tersebut RAM nya bisa di upgrade atau tidak. Karena apabila bisa di upgrade, bilamana suatu saat kamu merasa bahwa RAM yang sudah ada di laptop kamu masih kurang, kamu bisa menambabahnya lagi.

3. Processor

      Di laptop gaming GPU merupakan komponen dengan prioritas paling utama. Processor juga penting, tetapi untuk gaming posisinya tidak sekrusial GPU.

Processor dengan clock yang lebih cepat dan core yang lebih banyak tentu saja bakal jauh lebih powerful untuk digunakan encoding video, desain animasi, bahkan editing foto. Tetapi untuk gaming selama dia sudah memenuhi system requirement suatu game maka kelebihan performa CPU tidak akan begitu berpengaruh ke lancar tidaknya game yang dijalankan.
Jadi jika tujuan kamu membeli laptop hanya untuk gaming, bijak-bijaklah dalam memilih seri processor agar budget bisa dialihkan untuk komponen lain yang lebih prioritas seperti GPU.

4. Penyimpanan (Harddisk)


Media penyimpanan pada laptop, yang kebanyakan berupa harddisk merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Pilihlah harddisk dengan kapasitas yang besar atau minimal 500GB, karena game – game yang akan dimainkan di laptop biasanya membutuhkan resource yang sangat besar, dan juga pertimbangannya adalah kita juga tidak bisa menambah harddisk internal pada laptop, oleh karena itu usahakan cari laptop dengan kapasitas storage yang besar.

5. Ukuran dan Resolusi Layar


Tampilan pada layar merupakan fokus utama saat bermain game, oleh karena itu ukuran layar yang pas dan juga resolusi layar yang bagus sangat dibutuhkan untuk menunjang keasyikan bermain game. ini tergantung dari masing – masing individu dalam menentukan tingkat kenyamanannya sendiri.

6. Daya Tahan Baterai


Daya tahan baterai laptop merupakan hal yang sering menjadi masalah, karena digunakan untuk kebutuhan yang memerluhkan kinerja yang berat, baterai laptop gaming menjadi cepat boros. Carilah baterai yang kapasitas penyimpanan dayanya cukup besar. Namun sebesar-besarnya daya baterai laptop, saya rasa akan tetap cepat terkuras habis. Karena jika kita memainkan game, maka semua fitur biasanya mengeluarkan performa tertingginya.

7. Kualitas Audio Speaker


Kualitas audio yang dihasilkan oleh laptop gaming juga dapat menjadi bahan pertimbangan karena kualitas yang bagus dari audio yang dikeluarkan akan menambah keseruan dalam bermain game. Namun, ini sebenarnya tidak terlalu dipermasalahkan. Karena kita bisa menambahkan speaker eksternal yang harganya cukup terjangkau.

8. Harga


Biasanya harga yang ditawarkan oleh laptop gaming tidaklah murah, jadi sebaiknya pastikan dengan teliti sebelum membeli, apakah kualitas yang didapat sudah sesuai dengan harga yang dibayarkan. Dan saya sarankan, bila belum mampu untuk membeli laptop gaming yang performanya sudah lumayan, sebaiknya menabung dahulu daripada membeli laptop gaming yang performanya masih tanggung. itu hanya akan membuatmu menyesal di kemudian hari

2 Komentar anda akan masuk moderasi!:

  1. nice artikel mas. bisa dijadikan patokan sebelum membeli laptop untuk gaming dan editing. terimakasih

    ReplyDelete
  2. http://pingin8tahu.blogspot.co.id/

    nice artikel gan bermanfaat baget

    ReplyDelete

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top