Kita mengenal mimpi sebagai bunga-bunga tidur. Sebagai sesuatu yang merupakan keinginan yang sering kita pikirkan. Misal dalam sehari kita memikirkan tentang hantu, maka saat tidur, mimpi yang muncul berkaitan dengan ketakutan kita itu. Segala hal yang membuat kita senang dan takut akan muncul karena alam bawah sadar akan terus mengingatnya.

Mimpi yang banyak kita alami ternyata tak sesederhana itu. Banyak sekali fakta dari mimpi yang bisa dibilang agak aneh. Bahkan sudah dinalar. Meski demikian mimpi tetap saja terjadi ketika kita tidur dan terus berulang setiap harinya. Berikut fakta aneh dari mimpi yang bisa membuat kita geleng kepala lalu bergumam: “kok bisa hal seperti ini terjadi?”

1. Mimpi Bisa Memprediksi Masa Depan
mimpi masa depan


Mungkin anda pernah merasakan Deja Vu jika berada di situasi tertentu. Atau bermimpi sesuatu hal yang akan terjadi di kemudian hari. Hal seperti ini normal meski tak banyak orang bisa menjelaskannya dengan detail. Mimpi jenis ini sering disebut dengan premonition dream.
Mimpi jenis ini banyak dialami beberapa orang dan membuatnya banyak selamat dari kecelakaan. Mereka mampu melihat sesuatu di masa depan. Bahkan terkadang menggunakan mimpi ini untuk melihat masa depan orang lain. Jadinya mirip seperti dukun. Ilmuwan masih meneliti perihal mimpi tentang prediksi hal buruk ini. Namun satu hal yang bisa didapatkan. Mimpi menyuruh kita untuk selalu waspada.

2. Mimpi Membuat Banyak Sekali Inspirasi
banyak ide


Tanpa kita sadari, mimpi telah banyak membantu kita untuk melakukan banyak hal. Misal saat kita stuck dengan ide di kepala. Kadang dalam mimpi kita melihat sesuatu hal yang unik. Akhirnya setelah bangun kita menggunakan ide itu dan membuat kita jadi sukses.
Di dunia fiksi, dan ilmu pengetahuan, ternyata banyak orang yang mengalaminya. Misal saat bingung cari ide novel, atau mendadak ada ide baru untuk penemuan atau pengembangan. Menurut anda adakah alasan ilmiah yang mampu menjelaskan mengapa mimpi bisa membuat kita jadi lebih baik. Seperti sebuah isyarat yang datang dari Tuhan.

3. Bermimpi Saat Tidak Tidur
mimpi tapi sadar



Kita selalu mengasosiasikan mimpi dengan kegiatan yang erat hubungannya dengan tidur. Jika kita bermimpi artinya kita sedang ngorok dan tak sadarkan diri. Namun tahukah anda jika saat sedang sadar kita juga bisa mengalami “mimpi” yang tak jauh beda dengan saat kita memejamkan mata.
Mimpi ini biasanya terjadi saat kita benar-benar senang, bosan atau takut. Akhirnya kesadaran menurun tapi mata masih tetap terbuka. Kita sering menganggap mimpi ini seperti khayalan. Misal saat sedang kenalan dengan cewek. Saking senangnya kita jadi terbayang-bayang terus.

4. Lucid Dream Bisa Dipelajari
lucid dream


Banyak orang mengalami lucid dream, atau mimpi tak kita tak benar-benar tidur. Mata mungkin terpejam, namun saat bermimpi kita sadar. Mimpi ini biasanya identik dengan hal-hal berbau mistis. Misal saat mimpi kita ketindihan makhluk halus atau berjalan-jalan menembus batas ruang waktu.
Banyak orang mengatakan lucid dream bisa dipelajari. Bahkan lucid dream digunakan untuk ritual-ritual tertentu untuk meningkatkan sensitivitas terhadap makhluk halus. Sadar atau tidak kita pernah mengalami lucid dream. Rasanya kita seperti tak sedang tidur tapi mata terpejam dengan sempurna.

5. Kita Bisa Mimpi Banyak Dalam Sekali Waktu
melanjutkan mimpi


Mimpi ternyata hal yang sangat wajib bagi setiap orang di dunia ini. Dengan bermimpi tubuh akan memasuki fase equilibium. Dengan memasuki fase itu, kita akan selalu merasa segar setiap bangun di pagi hari. Jika tubuh kurang tidur dan mimpi kita harus membayarnya setiap tidur. Artinya akan ada defisit mimpi di dalam kepala kita.
Jika hari ini kita tak bermimpi, maka di hari selanjutnya mimpi akan menjadi lebih banyak. Bahkan saking banyaknya kita jadi tak bisa mengingatnya. Sering kali kita hanya mengingat mimpi yang penting dan melupakan mimpi yang tak penting.

6. Melanjutkan Mimpi yang Tertunda


Kita mungkin pernah bermimpi tentang suatu hal, namun di tengah jalan kita terbangun oleh banyak sebab. Mungkin karena serangan nyamuk atau kebelet pipis. Saat kita beranjak dan tidur lagi, mimpi yang tadinya tertunda akhirnya berlanjut dan membuat kita seperti menyaksikan tayangan film yang berjalan.
Hal semacam ini ternyata biasa menurut banyak ilmuwan. Mereka beranggapan jika mimpi yang terus bersambung terjadi akibat kita terlalu memikirkan “hal” yang menjadi penyebab mimpi. Saat kita tidur lagi trigger atau penyebabnya akan membuat mimpi kembali hadir hingga mencapai akhir saat bangun di pagi hari.

7. Membantu Kita Belajar Dengan Baik
belajar dengan giat


Saat mengalami hari super padat, otak atak akan mampu melakukan kerjanya dengan baik. Misal hari ini kita belajar banyak hal baru. Maka otak hanya akan menyimpan beberapa hal kecil saja. Dan hal penting lainnya akan dipelajari saat kita tidur dan mengalami mimpi. Biasanya kita akan seperti merasa sedang belajar lagi.
Dengan bermimpi, kita seperti melakukan belajar ulang dengan cara yang lebih santai. Jadi jangan terlalu terkejut jika saat bangun tidur anda jadi paham dengan sesuatu yang sebelumnya tak pernah dipahami. Atau bahkan tak pernah dipelajari. Mimpi seperti kursus yang terjadi setiap malam.

Benar kan? Mimpi tak hanya bunga tidur yang membuat kita kebingungan mengingat setiap pagi. Mereka juga memiliki banyak hal yang mungkin sampai saat ini masih susah dijelaskan secara ilmiah. Terlepas dari itu semua, mimpi membuat kita jadi lebih sehat, dan selalu segar di pagi hari, ya meski mimpi kadang membuat kita ketakutan.

2 Komentar anda akan masuk moderasi!:

  1. resume mimpi? ane jarang berhasil, kalau berhasil pun, jalan ceritanya berbeda
    XD

    ReplyDelete
  2. ane sering yang no 1 gan, entah apa yang apa yang ane mimpiin paginya atau 2 hari kemudian terjadi, tapi bukan harfiah. Misal ane mimpi ambil tokai, besoknya dapet duit, sampe mau kehilangan pekerjaan 3 hari sebelumnya ane mimpi cerai ma bini ane

    ReplyDelete

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top