Berikut ini saya sertakan step by step cara membongkar laptop asus a42jc :
1. Pertama copot semua baut dibagian belakang laptop dengan memakai obeng yang pas.
2. Kalo udah copot semua coba copot tutup ram terlebih dahulu.
2_wm
3. Lalu copot ram dengan hati2.
3_wm
4. Copot penutup harddisk lalu copot semua baut yang saya lingkari merah tersebut.
4_wm
Setelah itu tarik harddisk kearah kanan hingga terlepas dari slot lalu copot harddisk.
5_wm
5. Setelah semua baut yang dibagian belakang memang benar2 sudah dicopot semua coba kalian tarik dvd drive sampe terlepas dari tempatnya. Kalo belom bisa ditarik berarti bautnya ada yang belum dicopot dan coba di cek lagi.
6_wm
6. Selesai copot dvd drivenya coba cek baut yang ada seperti pada gambar dibawah lalu dicopot dengan menggunakan obeng.
7_wm
7. Bagian belakang beres sudah copot semua, sekarang waktunya untuk mencopot bagian atas. Dimulai dengan mencopot keyboard terlebih dahulu. Lihat gambar dibawah, yang saya lingkari merah itu coba kalian congkel dengan menggunakan obeng min (-) di keempat lingkaran itu sampai keyboardnya terangkat.
8_wm
8. Nah kalo sudah terangkat jangan terlalu ditarik karena masih ada kabel yang menghubungkan keyboard dengan motherboard yang belum lepas. Cara melepaskannya dengan cara ujung2 yang sebelah kiri dan sebelah kanan ditarik kearah bawah lalu lepaskan kabel secara perlahan ya.
9_wm
9. Abis itu copot kabel yang menghubungkan touchpad dengan motherboard. Kali ini ditarik kekiri di kedua ujung itu dengan perlahan hingga kabel terlepas.
10_wm
10. Tahap selanjutnya copot semua baut yang ada seperti pada gambar dibawah.
11_wm
11. Pastikan semua baut telah tercopot. Congkel dibagian mana saja secara perlahan agar body laptopnya bisa terbuka teruskan hingga ke seluruh bagian body sampai bagian atas bisa terangkat. Ingat lakukan dengan hati2 karena resikonya akan patah didalam jika tidak dilakukan dengan hati2.
12_wm
12. Gambar dibawah ini semua sudah dicopot dengan benar dari harddisk, ram, dvd drive, keyboard dan body bagian atas.
13_wm
13. Di bagian dalam kita coba bersihkan bagian atas dari motherboard tersebut dengan menggunakan tisu atau kuas hingga debu tidak menumpuk. Setelah dibersihkan copot semua baut yang ada pada motherboard tersebut.
14_wm
14. Jangan lupa copot baut yang ada pada fan. Lalu copotkan kabel yang menghubungkan LCD ke motherboard dengan perlahan. Karena pada bagian ini jika anda tidak berhati2 resikonya LCD anda tidak bisa menampilkan layarnya dengan semestinya, makanya lakukan dengan berhati2
15_wm
15. Coba perhatikan gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini ada 2 lingkaran merah, yang sebelah kiri itu bagian motherboard dan yang sebelah kanan itu ada wireless, battery bios, slot usb hingga tombol power. Bagian sebelah kiri kalian angkat saja sampai motherboardnya terlepas dari tempatnya. Sedangkan sebelah kanan diamkan saja lalu bersihkan dari debu dan tidak perlu di copot.
16_wm
16. Gambar dibawah ini adalah bagian bawah motherboard yang tadi kita lepas dari tempatnya. Perhatikan lingkaran merah dan copot baut yang saya tandai dengan lingkaran merah tersebut. Lalu tarik kabel fan yang menghubungkan ke motherboard dengan perlahan hingga terlepas.
17_wm
17. Setelah semua baut terlepas, lepas pendingin dan fan dari tempatnya. Terlihat disana ada prosesor core i5 (sebelah kanan) dan VGA Nvidia Geforce 310m (sebelah kiri). Cek apakah termal pastenya kering atau tidak. Kalo kering berbahaya karena tidak bisa menahan panas dengan optimal. Kalian ganti dengan termal paste yang baru. Caranya dengan membersihkan termal paste yang menempel dan sudah agak kering tersebut dengan tisu secara merata hingga bersih lalu beri termal paste yang baru secara merata juga.
18_wm
Saya menggunakan termal paste dari cooler master. Usahakan menggunakan termal paste dengan merk terkenal karena sudah terjamin kualitasnya. Jangan menggunakan termalpaste tanpa merk yang biasanya terkemas dalam bentuk seperti balsem karena belum teruji seperti merk2 terkenal lainnya.
20_wm
18. Urusan termal paste selsai, sekarang coba lihat fannya pasti kotor banget. Lepas penutup fannya lalu bersihkan hingga sebersih-bersihnya agar tidak ada debu yang mengganggu dalam pelepasan panas dari dalam keluar.
19_wm

Sekiranya seperti itulah cara-cara membongkarnya, kalo masih bingung tanya aja langsung disini ga bayar kok
Intinya setelah semua dibongkar bersihkan dalemnya dengan hati-hati biar pas dipasang masih bisa nyala hhahahaha

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Post a Comment

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top