Penyebab gigi kuning dan cara memutihkan gigi

    Memiliki gigi kuning merupakan suatu hal yang sangat mengganggu penampilan setiap orang,bahkan ketika kita memiliki gigi kuning maka kita pun kurang percaya diri untuk tersenyum bahkan bicara.

Gigi kuning biasanya terjadi akibat penumpukan plak atau sisa-sisa makanan gi gigi.sehingga plak itu mengeras dan susah untuk di keluarkan,bahkan jika kita semakin tidak rajin untuk menggosok gigi plak bisa semakin banyak.dibawah ini ada beberapa hal penyebab gigi kuning,yaitu :

1.     Kopi Dan Teh Hitam

Kopi dan teh hitam juga bisa menjadi penyebab gigi kuning karena kandungan kromogennya yang tinggi, kopi pun memiliki sifat asam sehingga dapat merusak gigi. Jika Anda gemar mengonsumsi teh dan takut akan dampaknya pada gigi, Anda bisa memilih teh hijau yang berwarna lebih jernih.


 

2.     Kebiasaan Merokok

Tidak hanya buruk untuk kesehatan pernafasan, rupanya rokok juga menjadi penyebab menguningnya gigi. Dalang yang menyebabkan proses perubahan warna ini adalah kandungan nikotin dan tar pada rokok. Kedua zat tersebut sangat mudah menempel pada gigi dan menumpuk hingga menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Bagi perokok berat, efek menguningnya gigi akan terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Apalagi jika tergolong perokok berat, maka gigi akan menghitam setelah bertahun-tahun merokok.



 

3.     Pengobatan Dengan Antibiotik

Beberapa pengobatan antibiotik seperti tetrasiklin dan doksisiklin, dikenal sebagai penyebab gigi kuning, jika diberikan pada anak berusia 8 tahun. Sebab pada usia ini, gigi anak masih dalam tahap perkembangan. Selain itu, berkumur dengan obat yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium, juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi.


 

4.     Buah Berwarna Terang

Buah-buahan dengan warna yang sangat terang dapat meninggalkan noda di gigi. Bukan hanya buahnya, makanan olahan dari buah-buahan tersebut, seperti jus atau kue, berpotensi sama. Buah-buahan kategori ini antara lain, bluberi, tomat, blackberry, cranberry, ceri dan anggur.

 

5.     Lingkungan Sekitar

Di beberapa negara, air bersih yang mengalir di rumah-rumah dan bisa diminum langsung melalui kran air, juga diperkaya fluoride. Mengonsumsi air yang sudah diperkaya fluoride, ditambah mengonsumsi suplemen yang mengandung fluoride, akan mengakibatkan terjadinya fluorosis atau kelebihan kadar fluoride di tubuh.

Kondisi ini, bisa menyebabkan warna gigi berubah menjadi kekuningan.Namun, contoh kasus seperti di atas, tidak terjadi di Indonesia, karena disini, air bersih yang mengalir di rumah-rumah tidak diperkaya dengan fluoride. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi berfluoride, karena kadarnya tidak membahayakan, dan justru akan membantu mencegah terjadinya gigi berlubang.

 

Dibawah ini ada beberapa cara untuk memutihkan gigi, yaitu :

 

·         Berkumur

Berkumur lebih aman dilakukan setelah makan daripada langsung menyikat gigi. Selain berkumur, mengunyah permen karet tanpa gula juga bisa dilakukan agar noda tidak bertahan lama di gigi.jadi seringlah berkumur

·         Mengurangi Komsumsi Makanan Dan Minuman Penyebab Gigi Kuning

Mungkin sulit untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman di atas, secara sekaligus. Anda bisa mencoba dengan mengurangi konsumsinya. Misalnya saja selama ini Anda terbiasa mengonsumsi minuman berkarbornasi, maka menguranginya menjadi seminggu sekali, bukan hal yang terlalu sulit, bukan? Demikian juga dengan merokok. Ingat, mengurangi kebiasaan merokok bukan hanya akan baik untuk kesehatan mulut dan gigi, tapi juga untuk jantung dan paru-paru Anda.

·         Menggunakan Pemutih Gigi

Pada kondisi gigi kuning yang sudah parah, dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan pemutihan gigi. Pemutihan gigi—atau yang lebih dikenal dengan istilah bleaching, adalah sebuah metode ampuh yang memanfaatkan pemutih untuk membersihkan plak yang ada pada gigi dan di sela-sela gusi. Bahkan, pemutih ini bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi dan mencegahnya merusak gigi.

Proses bleaching ini menggunakan cetakan gigi yang diberi pemutih, lalu diaplikasikan ke gigi secara langsung agar pemutih menempel di gigi. Proses ini biasanya berlangsung kurang lebih 30 menit lamanya. Tergantung kondisi gigi, proses bleaching bisa dilakukan hingga beberapa kali.

·         Laser Gigi

Cara lain untuk memutihkan gigi kuning adalah dengan menggunakan laser. Penggunaan laser untuk memutihkan gigi lebih cepat dari pemutih gigi, namun tentu saja harga yang harus dibayar juga lebih mahal. Sinar laser yang ditembakkan ke gigi kuning sudah diberi zat pemutih. Umumnya hasil gigi putih yang didapatkan pasien bisa didapatkan secara instan, namun untuk kondisi yang parah biasanya ada terapi lanjutan yang dilakukan oleh dokter.

·      Gunakan Sedotan

Memakai sedotan saat mengonsumsi jus, minuman berkarbonasi, dan teh bisa mengurangi noda gigi. Dengan begini minuman bisa langsung tertelan dan minim kontak dengan gigi.

·      Tingkatkan Kebersihan Gigi

Bersihkanlah gigi secara teratur, dengan cara menyikat dan flossing, setelah makan. Selain itu, pastikan mau tidur dan bangun tidur rajin gosok gigi.

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Posting Komentar

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top