7 Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Alami

 
      Plak merupakan asal muasal terciptanya karang gigi pada mulut kita. Karang gigi merupakan salah satu ciri bahwa kesehatan mulut kita kurang begitu terjaga. Jika seseorang tidak mempraktikkan kebersihan gigi dengan baik, plak yang kerap juga disebut sebagai jigong ini bisa berubah menjadi zat keras berwarna kuning kecokelatan yang disebut sebagai karang gigi.

            Jika karang gigi terus dibiarkan terlalu lama,maka akan terjadi penumpukan karang pada gigi dan dapat menyebabkan gigi anda rusak dan dapat juga menyebabkan nafas jadi tidak segar.Dengan adanya karang gigi yang menumpuk maka akan mengganggu penampilan anda bukan ?

Untuk itu di bawah ini ada beberapa cara untuk membantu anda menghilangkan karang gigi dengan cara yang gampang dan alami,yaitu :

1.     Jangan Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih cenderung memiliki karang gigi.

Untuk itu hindarilah merokok,selain dapat menimbulkan karang gigi rokok pun dapat mengganggu kesehatan lainnya pada tubuh anda.


 

2.     Menjaga Kebersihan Mulut Dengan Baik

       Melansir Medical News Today, mempraktikkan kebersihan mulut yang baik adalah cara terbaik untuk menghilangkan plak dan karang gigi. The American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida.


ADA juga merekomendasikan flossing sekali sehari. Flossing mengunakan dental floss atau benang gigi sebelum menyikat gigi akan menghilangkan sisa makanan dan plak dari sela-sela gigi dan area yang sulit dijangkau. Setelah flossing, sikat gigi akan menghilangkan plak di permukaan gigi.

 

Untuk menyikat gigi secara efektif, seseorang dapat:

·          Mulailah dengan gigi rahang atas

·          Gunakan sikat gigi memutar yang pendek

·          Sikat seluruh gigi

·          Ulangi langkah 1-3 pada gigi bagian bawah

 

 

 

Setelah membersihkan gigi dengan benang dan menggosok gigi, bilas mulut dengan obat kumur.

Banyak obat kumur yang dijual bebas mengandung fluorida untuk perlindungan ekstra terhadap plak.

Orang yang menderita radang gusi mungkin memerlukan jenis obat kumur yang lebih khusus.

Dokter gigi dapat meresepkan obat kumur antiseptik yang lebih manjur daripada yang tersedia di toko.

 

3.     Kulit Jeruk

       Kulit jeruk bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Tak hanya menghilangkan karang gigi, kulit ini bisa sekaligus memutihkannya. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.

Cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau kamu bisa menggunakannya saat malam hari menjelang tidur. Kemudian kumur dengan air hingga bersih pada pagi hari.


 

4.     Baking Soda

       Baking soda juga dikenal cukup ampuh dijadikan cara menghilangkan karang gigi membandel. Sifat basa yang dimiliki baking soda sangat bisa membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut.

 

Kombinasikan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Aduk rata kedua bahan dalam cangkir. Jadikan campuran tersebut sebagai pasta gigi dan oleskan pada sikat gigi. Terapkan satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

 


 

5.     Daun Sirih

       Daun sirih juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Tak hanya karang gigi tetapi juga mampu menghilangkan bau mulut. Ambil selembar daun sirih, tambahkan 1 biji cengkeh lalu lipat daun sirih dan cengkeh tadi, kunyah-kunyah sampai halus. Agar cara menghilangkan karang gigi ini bisa bekerja efektif lakukan perawatan secara rutin.


 

6.     Melon

       Melon memang kaya mineral, air, dan vitamin. Selain itu, melon juga bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Hanya dengan memakan dan mengunyahnya saja bisa membantu menghilangkan karang gigi.

Bahkan produksi air liur bisa lebih dimaksimalkan dengan melon. Jika air liur banyak, maka bakteri dalam mulut menjadi mudah mati. Sehingga bau mulut dan kesehatan gigi bisa tetap terjaga dengan baik.

 


 

7.     Apel

        Selain melon, masih ada buah apel yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Hal ini disebabkan karena kandungan asam alami pada buah apel. Kandungan ini bisa bereaksi pada karang gigi dengan baik. Cara ini tergolong cukup mudah dan juga mempunyai manfaat ganda. Pasalnya, selain menghilangkan karang gigi, apel juga memberi manfaat vitamin dan mineral bagi tubuh.

 



 

 

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Posting Komentar

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top