10 Faktor Penyebab Jerawat

    Faktor Kebersihan Wajah Tersumbatnya pori-pori di wajah sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti misalnya kuas make-up, spons bedak yang sudah lama hingga handuk yang kurang bersih,dengan tersumbatnya pori-pori di wajah maka dapat menimbulkan jerawat.

    Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini biasa terdapat di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

    Pada dasarnya jerawat bukanlah penyakit berbahaya. Ini adalah kondisi umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Meski demikian, jerawat dapat meninggalkan bekas-bekas luka (acne scar), yaitu jaringan parut akibat penyembuhan jerawat yang tidak sempurna. Hal ini seringkali mengurangi kepercayaan diri orang yang mengalaminya.


Dibawah ini ada beberapa faktor penyebab jerawat :

1.       Siklus hormonal.

            Setiap orang tentu akan melewati masa pergantian siklus hormonal, khususnya saat memasuki usia pubertas. Saat hal ini berlangsung, produksi hormon dapat merangsang produksi minyak berlebih. Selain itu siklus hormonal juga terjadi pada masa menstruasi wanita.

 

2.       Stres.

            Tekanan hidup, baik karena masalah pekerjaan maupun keluarga, dapat membuat seseorang menjadi stres. Hal ini biasanya akan memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk dalam pola makan. Akibatnya jerawat menjadi lebih mudah terpicu.

 

3.       Penggunaan kosmetik.

            Kandungan zat pada masing-masing kosmetik tidak selalu dapat ditoleransi oleh kulit setiap orang. Biasanya, jenis kosmetik dengan unsur minyak, zat pewarna, dan parfum lebih mudah memicu terbentuknya jerawat.

 

4.     Alat makeup kotor

            Penyebab timbulnya jerawat di pipi tidak hanya disebabkan oleh salahnya dalam pemilihan produk kecantikan, namun juga bisa karena alat untuk make up yang sudah terlalu kotor. Alat make up yang kotor tentu saja berpotensi menimbulkan jerawat di pipi karena adanya bakteri yang berkembang. Selain itu, alat make up yang kotor sudah pasti dihinggapi berbagai jenis kuman. Maka dari itu, selalu usahakan rajin dalam membersihkan alat make up, tentunya agar tidak meningkatkan risiko jerawat yang muncul pada pipi.

 

5.     Sarung bantak kotor

            Selain itu, sarung bantal yang kotor juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi yang mungkin jarang disadari. Memang, terkadang mengganti sarung bantal dan sprei hanya dilakukan jika sarung bantal tersebut sudah benar-benar berbau tidak sedap. Namun akan lebih baik jika Anda rajin mengganti sprei dan sarung bantal 1-2 minggu sekali. Tujuannya agar mengurangi kemungkinan adanya kotoran dari debu langit-langit rumah yang membawa kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat di pipi.

 

6.     Kebiasaan menyentuh pipi

            Kuman yang menempel di ponsel saja sudah berisiko menyebabkan jerawat di pipi, jadi tidak heran jika tangan yang bersentuhan langsung dengan kulit pipi bisa lebih besar risikonya menyebabkan jerawat. Memang yang namanya kebiasaan cukup menantang dan lumayan sulit dirubah, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu, pastinya diiringi dengan niat kuat.

 

7.     Kebiasaan tidak mencuci wajah

            Penyebab timbulnya jerawat di pipi ini sudah pasti bisa terjadi dan mungkin menjadi salah satu penyebab terbesar. Kebiasaan tidak mencucui muka ketika dari luar ruangan akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat di pipi. Hal ini wajar saja, mengingat kondisi luar ruangan yang sarat akan debu dan kotoran baik dari asap kendaraan dan lain sebagainya. Maka dari itu, biasakan untuk membersihkan muka sehabis dari luar ruangan, baik itu ketika sampai kantor atau rumah.

 

8.     Faktor keturunan

         Faktor penyebab timbulnya jerawat lainnya adalah keturunan. Faktor genetik atau keturunan juga bisa menyebabkan seseorang berjerawat.

 

9.     Jenis kulit

         Penyebab jerawat tak hanya disebabkan oleh faktor kebersihan saja, melainkan juga jenis kulit wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat tersebut.

 

10.  Infeksi

         Infeksi terjadi ketika seseorang mengalami masalah komedo di wajah,dan akan salah jika kita membersihkan nya dengan tangan yang belum tentu bersih.maka akan menyebabkan timbulnya jerawat.

 

Semoga dengan adanya penjelasan beberapa faktor penyebab jerawat diatas dapat membuat anda menjauhi faktor tersebut agar terhindar dari jerawat.

 

 

0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Posting Komentar

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top