10 Cara merawat rambut rusak dengan bahan alami

Selain faktor metabolisme, stres, dan hormonal, ada beberapa faktor eksternal yang membuat perlindungan alami kulit kepala terganggu.

 


Apa saja kebiasaan yang menyebabkan rambut cepat rusak? Bleaching merupakan bagian dari proses pewarnaan rambut.Terlalu sering ganti cat rambut juga bisa membuat rambut cepat rusak dan bahkan bisa membuat kulit kepala iritasi.

                Sebelum memakai produk atas bahan –bahan untuk memperbaiki rambut rusak ada baiknya terlebih dahulu anda memastikan penyebab dari rambut rusak anda.dibawah ini ada beberapa hal penyebab rambut rusak :

 

1.       Kerusakan akibat bleaching

 

Proses ini dapat membuat rambut kering, keropos,dan rapuh. Perubahan permanen pada struktur rambut Anda juga bisa membuatnya kurang kuat dan elastis.

Cara perwatan rambut yang di bleacing ada beberapa hal yaitu :

 

·          Tambahkan kelembapan.

Sebelum melakukan bleaching beri perhatian ekstra untuk melembapkan rambut Anda dan menghindari aktivitas merusak lainnya, seperti mencatok rambut, selama beberapa minggu.

·          Gunakan pelindung matahari.

Sinar UV matahari dapat membahayakan rambut Anda. Rambut yang di-bleaching sangat rentan terhadap kerusakan UV.

 

2.       Keruskan akibat berenang

kaporit yang ada pada kolam renang sering kali digunakan untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan agar perenang tetap aman dari infeksi dan penyakit tertentu.padahal kaporit tersebut dapat merusak rambut anda sehingga rambut anda kering dan kusam.Cara untuk merawat rambut rusak akibat kaporit adalah :

·          Gunakan minyak almond.

Minyak berbau manis ini dapat membantu melembutkan dan menguatkan rambut Anda. Oleskan sedikit demi sedikit pada ujung rambut Anda sebelum dijemur untuk merehidrasi helai rambut dan mengurangi rambut kusut.

 

3.        Kerusakan akibat peralatan panas (hairdrier dan catok)


                Para ahli merekomendasikan penggunaan alat panas tidak lebih dari sekali seminggu. Salah satu yang sering merusak adalah pengering rambut atau hairdrier dan mencatok rambut terlalu sering pun bisa membuat rambut kering dan kusam.

Cara untuk merawat rambut yang rusak akibat peralatan panas adalah :

·          Keringkan melalui udara alami.

 Hindari panas sama sekali dan biarkan udara mengeringkan rambut.

·          Gunakan minyak kelapa.

 Minyak tropis ini memiliki molekul yang cukup kecil untuk menembus kutikula luar dan melembapkan dari dalam ke luar.

·          Gunakan vitamin rambut

 

Disini ada 10 cara untuk mengatasi rambut rusak secara alami dan gampang ditemukan dimana-mana,antara lain :

 

1)                Komsumsi sayuran hijau

Cara merawat rambut rusak tidak hanya dari luar, melainkan juga dari dalam.Untuk merawatnya dari dalam kamu perlu mengonsumsi banyak sayur-sayuran hijau. Sayuran-sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada air, dan sawi kaya akan kandungan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa berfungsi untuk meningkatkan produksi keratin pada rambut.


 

2)                Cuka apel

Cara merawat rambut rusak bisa juga dengan menggunakan cuka apel.Cuka apel memiliki beragam khasiat. Selain dapat dijadikan salah satu bahan alami untuk merawat kulit, ternyata cuka apel juga dapat digunakan untuk merawat rambut kering dan mengembang.


 

3)                Alpukat

Alpukat mengandung lemak jenuh, vitamin A dan E, protein, serta berbagai mineral yang dapat memperbaiki kondisi rambut rusak dengan melembapkan dan menguatkan batang rambut.

Jika anda memiliki keluhan rambut rusak maka anda bisa menggunakan alpukat untuk memperbaikinya.


 

4)                Lidah Buaya

Gunakan dengan cara mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dan dua sendok teh minyak kelapai. Campur semua bahan tersebut dan oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan semalam.

Esok pagi nya bilaslah dengan air bersih dan akan lebih baik jika di cuci dengan air hangat-hangat kuku.


 

5)                Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung  zat emolien alami yang bisa mengisi celah di helai rambut Anda jika sudah rusak karena panas atau sinar matahari. Satu studi dari tahun 2005, menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk menembus serat rambut dan memberikan nutrisi di dalamnya.

Cara menggunakannya cukup dengan gosokkan minyak kelapa di rambut yang kering. Umumnya ini ada bagian ujung-ujung rambut. Diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan shampo hingga bersih. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal.


 

6)       Pakai masker bawang merah dan bawang putih

 

                        Bahan alami juga bisa jadi cara merawat rambut rontok. Kali ini Anda bisa membuat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.



7)              Telur

Telur juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak dan kering. Selain sumber protein, telur juga kaya akan lesitin yang dapat membantu menguatkan dan memperbaiki rambut yang rusak sehingga rambut kembali tampak lembap dan berkilau.

Caranya, campurkan 3 telur, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke kulit kepala dan rambut yang sebelumnya sudah sedikit dibasahi. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit, kemudian keramas dengan shampoo dan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini sekali dalam seminggu agar rambut tampak semakin halus.



8)              Buah Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini rupanya sangat esensial karena mampu menawarkan antioksidan bagi rambut Anda yang mudah rontok. Ingat bahwa vitamin C di dalam jeruk juga berkontribusi besar dalam produksi kolagen sekaligus mempertahankan vitamin E dan vitamin A. Magnesium, flavonoid, dan beta karoten di dalamnya juga akan mendukung pertumbuhan rambut.


 

9)                Buah Pepaya

Buah satu ini memang lebih populer dan banyak digunakan sebagai solusi sembelit alias gangguan pencernaan, tapi sebenarnya ekstrak buah pepaya juga bagus untuk rambut rontok. Anda bisa mengonsumsi pepaya setiap hari sekaligus juga merawat rambut secara langsung dengan membuat masker dari pepaya (campurkan dengan madu dan susu)


 

10)            Buah Plum

Buah plum merupakan salah satu sumber bioflavonoid yang memang sangat menolong di kala rambut suka rontok dan kulit kepala juga bermasalah. Untuk kesehatan kulit kepala dan folikel rambut, buah ini merupakan buah yang bisa diandalkan. Bahkan cara pemakaiannya pun tak sulit, cukup dengan mengonsumsinya saja setiap hari secara teratur dan rambut pun akan tumbuh lebat sekaligus kuat.



0 Komentar anda akan masuk moderasi!:

Posting Komentar

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh kami sebelum di publikasikan

 
Top