Dalam artikel ini saya akan bercerita singkat tentang sedikit kisah saya dimulai dari pertama kali mengenal internet, kenapa saya katakan sedikit karena sesungguhnya banyak hal lain yang saya lakukan semenjak saya mengenal internet dan sampai saya bisa menghasilkan uang dari internet. artikel ini bertujuan untuk menginspirasi banyak orang khususnya  para Generasi Milenial tentang yang namanya pantang menyerah dan berkeyakinan bahwa kamu bisa meraih impianmu bukan hanya sebatas angan angan.

"Harap dibaca dari awal sampai akhir yah, agar tidak ada satupun informasi atau pesan penting yang terlewatkan ;)"

  • Perkenalan
      Sebelumnya saya akan perkenalan dulu, saya Irwan Manurung lahir di simantin III 07/08/1996, Pematang siantar, Sumatera Utara dan saya anak ke-3 dari 5 bersaudara. Saya lahir dari keluarga yang bisa dikatakan kurang mampu.



     Saat ini kegiatan sehari-hari saya adalah full time sebagai google developer,  di kesempatan waktu saya terkadang blogging, content creator di Youtube dan belajar Musik. Saya adalah orang yang memiliki rasa penasaran yang tinggi dan hal tersebutlah membuat saya menjadi orang yang senang belajar dan selalu ingin tahu. salah satu prinsip dalam hidup saya adalah  "jadilah seperti padi semakin berisi semakin merunduk".

Sejak kecil saya sudah tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan program, elektronik, alam,dan teknologi, buku yang berhubungan dengan hal tersebut adalah buku favorit saya. namun akhir-akhir ini saya jadi cukup tertarik juga untuk belajar musik hehehe..


  •    Awal mengenal Internet 
    Pertama kali saya mengenal dan menggunakan internet pada usia 12 Tahun (2008) saat saya masih SMP, dahulu internet tidaklah sepopularitas sekarang dan android pun tidak begitu dikenal oleh masyarakat indonesia.

    Semua berawal dari rasa penasaran saya tentang sebuah menu yang ada di Handphone masa itu, karena hampir semua menu saya tahu fungsinya namun khusus yang satu itu, yang biasanya iconnya bentuk bumi dan bertuliskan internet (WAP) saya bingung dengan fungsi dan tujuannya sebenarnya apa.

dari beberapa kasus yang saya temui kalau menu itu diklik hanya muncul layar berwarna putih dan beberapa lama kemudian biasanya muncul tulisan connection lost



saya pun bertanya dengan beberapa orang apa fungsi internet?  ada yang jawab dengan internet kita bisa melihat orang dimanapun atau lagi ngapain, bisa main game, dan lain lain.  jawaban itupun sontak membuat saya terkejut, dalam hati saya "begitu sangat luar biasanya jika saya bisa melihat orang lain dimanapun". 

(-- kini saya sadari jawaban itu tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah juga --)

 hal itulah yang mendongrak keingin tahuan saya dan ingin mencari tahu lebih dalam tentang internet.

       Kebetulan pada waktu itu saya masih ingat dulu salah satu hp keluarga merk motorola c168  yang memiliki fitur internet.



     sayapun mencari tahu tentang bagaimana caranya agar handphone tersebut bisa terkoneksi ke internet dan menemukan jawabannya pada buku panduan kartu SIM, pada masa itu walaupun hanya sebuah kartu sim biasanya memiliki banyak isi dan buku panduan, beda dengan zaman sekarang semua dibuat lebih simple.

Setting GPRS pun saya lakukan sesuai petunjuk dimana saya harus mengisi APN, Proxy dan Port pada handpone tersebut. setelah saya test terhubung keinternet ternyata tetap saja gagal sampai akhirnya saya ulangi terus melakukan setting GPRS sambil melihat buku panduan sampai akhirnya hafal settinganya.

namun alhasil tetap saja tidak bisa terkonseksi ke internet, saya pun mencoba menghubungi call center untuk nenanyakan permasalahan yang saya alami namun tetap saja tidak ada hasil dan saya menyimpulkan ini mungkin produk gagal, mau diapai juga gak bakalan bisa. 

padahal saat itu rasa penasaran dengan internet sudah sangat tinggi, namun apalah daya jika sudah seperti itu ceritanya.

(singkat)

  • Pengalaman Mengakses Internet
 
       beberapa lama kemudian sedang maraknya handphone bersuara speaker besar yang dikembangkan oleh produsen handphone china, karena tahun sebelumnya entah kenapa speaker dari handpone merk ternama seperti nokia, sony ericson dan motorolla suaranya kecil kecil. olehnya hal tersebut menjadi sesuatu yang baru dan menjadi tren dalam mendengarkan musik melalui handphone

singkat cerita saudara sayapun membeli handphone dan kalau tidak salah itulah pertama kalinya saya mengakses internet yaitu melalui hp saudara saya bermerk e'touch, kira-kira modelnya seperti dibawah ini.



dan kebetulan di hp tersebut terdapat WAP (browser) yang bisa mengakses internet .

    Pertama sekali saya membuka WAP yang temukan adalah "koneksi gagal" loh kok bisa begitu? ya iyalah toh settingan GPRS nya belum diatur, tapi kali ini tidak terlalu jadi masalah karena berkat belajar dari hp sebelumnya yaitu motorola C168 saya jadi terbiasa dan lancar dalam melakukan setting GPRS/internet di hp. 

img Source : fourlook.com

    Setelah saya berhasil setting GPRS dan terhubung ke internet. halaman yang pertama saya lihat adalah halaman Google.com namun tulisannya petak-petak gitu, mungkin karena bahasa defaultnya google menyamakan langsung dengan pabrikan hp, jadi yang saya bisa baca hanyalah logo google.


untungnya setelah discrool ke bawah ada kata " indonesia" saya klik lah itu dan akhirnya halaman tersebut berbahasa indonesia. dan untuk pertama kalinya dari sanalah saya dapat pengalaman bahwa hampir semua informasi bisa dicari di google 

  • Berkenalan Dengan Social Media

     Kisah selanjutnya adalah masa masa dimana saya selalu tertarik ketika menemukan tulisan yang berakhiran (.com) atau alamat website, saya selalu penasaran dan mengakses web tersebut karena ingin tahu isinya.

saya pun sering mencari-cari alamat web yang ada dibelakang buku, dibalik bungkus makanan, dan lama kelamaan akhirnya saya berkenalan dengan social media yang namanya facebook, twitter, friendster masa itu semua sosmed tersebut tidaklah sepopuler sekarang.

saat itu saya mendaftar di facebook dan satu pun  tidak ada yang saya kenal di facebook, saya mengira apakah cuma saya orang indonesia yang mendaftar di facebook? hahaha.. (pemikiran konyol yang mungkin nyata pada waktu itu)

  • Memperkenalkan internet pada Teman

    Saat itu adalah saat dimana saya senang dan ingin memperkenalkan internet kepada teman dan orang lain, karna yang saya perhatikan hampir semua yang saya kenal pada saat itu tidak mengerti dan kurang tahu menahu dengan namanya internet dan fungsinya walaupun itu sudah ada di hpnya.




    Sayapun menjelaskan bahwa internet itu sesuatu hal yang sangat menarik, kita bisa download musik, video, game semau kita kapanpun dan dimanapun. karna dari yang saya lihat jika orang ingin memiliki suatu musik atau video biasanya harus kirim lewat bluetooth dari teman ke teman karena menurut mereka hanya cara itu yang bisa dilakukan untuk menambah isi di handphone nya.



     Setelah saya jelaskan akhirnya mereka langsung tertarik dan sayapun bantu aktifkan internet dan saya tawarkan mereka jika ingin mau ditambahkan gamenya atau musik atau video akan saya bantu dan ajari agar mereka nantinya bisa mandiri. setelah saya instalkan gamenya biasanya mereka sangat senang karena merasa ada yang baru di hpnya sehingga tidak bosan.

 "Saat itu saya jadi sering membantu orang lain untuk diaktifkan internetnya, terkadang ada yang meminta agar dibantukan dan terkadang juga saya yang menawarkan, lumayan sekedar berbagi dan sekalian belajar memahami karakter dari berbagai jenis hp ."

Itulah singkat cerita mengenal internet biar artikelnya tidak kepanjangan langsung saja ke cerita berikutnya:

  • Era Blackberry

    Kemudian pada tahun 2009-2010 adalah masa masa jayanya sebuah brand handphone yang bermerk BlackBerry dan ter-cap sebagai merk handphone mewah, dalam kejayaanya sangat berdampak besar pada pengenalan media sosial dan internet kepada masyarakat.

untuk menarik pasar akhirnya banyak produsen handphone berlomba lomba meniru design blackberry dan menambah menu yang bersimbolkan facebook didalamnya, inilah salah satu dasar kenapa pengguna facebook semakin ramai dan semakin dikenal oleh masyarakat indonesia

dampak berikutnya di era blackberry ini adalah hampir semua produsen handphone keluaran baru menggunakan tombol qwerty seperti merk nexian, mito,imo,lg,e'touch, k'touch dan yang lainnya dan produk mereka memang laris dipasaran

mungkin karena pemakai hp tersebut merasa terlihat keren kali yah, karena mirip blackberry,  haha.. :D , 

(singkat)

  • Pengalaman Mengenal Blog Pertama Kalinya




     Pertama kali memiliki blog ketika saya berumur sekitar 15 Tahun (2011), itu saat saya baru memasuki sekolah SMA. saya masih ingat setelah lulus dari SMP saya dibelikan saudara saya sebuah handphone Mito 500, kebetulan sudah support internet dan juga memiliki java.


Karena dari pengalaman sebelumnya saya sudah terbiasa dengan  internet sayapun memanfaatkan internet bukan sekedar untuk mendownload  tapi juga untuk upload atau menyimpan file di internet agar tidak hilang dan bisa diakses darimana saja

saat itu sayapun mendaftar disalah satu situs yang bisa di fungsikan untuk menyimpan file yaitu mywapblog.com (sekarang sudah pensiun) dimana situs tersebut menyediakan fitur upload file.



     Namun lama kelamaan situs tersebutpun saya pergunakan bukan hanya sekedar simpan file tapi juga tempat untuk sharing,dan aktivitas inilah yang dinamakan blogging.

disini saya sedikit belajar program HTML, belajar merubah tampilan,warna dan tata letak blog dan belajar menulis konten. untuk kontennya karena pada saat itu yang sering dicari di internet oleh pengguna mobile adalah game/aplikasi Java dan Symbian.  maka saya putuskan untuk membuat postingan yang berhubungan dengan hal tersebut.

  • Awal Mengenal Program

    waktu pun berjalan sembari melakukan aktivitas blogging sayapun semakin dekat dengan yang namanya aplikasi dan game java, saya pun sering mendownload dan menginstal game ataupun aplikasi  dan mencobanya.

semakin lama saya jadi semakin tertarik setelah mengenal berbagai jenis dan fungsi aplikasi java dan penasaran dengan cara kerjanya, sayapun mempelajarinya, disana saya tahu ternyata apliksi itu adalah kumpulan dari Folder,Program dan gambar.

Aplikasi java yang biasanya berakhiran .jar  saya extract dengan aplikasi jzipman dan untuk programnya biasanya saya edit dengan text editor sedangkan untuk mengedit gambar saya menggunakan aplikasi pro paint mobile.

semua itu dilakukan menggunakan handphone makanya tidak jarang saya menemukan kejadian hp hang dan program berhenti ditengah jalan karna hp jaman dulu tidak secanggih saat ini dimana kemampuannya sudah setara dengan kemampuan komputer

   Setelah memahami sedikit lebih dalam sayapun bisa merubah rubah tampilan suatu aplikasi dan juga bisa merubah server dari aplikasi browser contohnya operamini
  
  • Awal mengenal bisnis online

       Suatu ketika muncullah sebuah pertanyaan yang muncul di pikiran saya  "apakah bisa menghasilkan uang dari internet?" dengan penasaran sayapun mencari informasi di google dan ternyata bisa. salah satunya adalah melalui bisnis ptc (paid to click).



     ini adalah bisnis yang pertama sekali saya jalankan, dalam bisnis ini membernya akan dibayar apabila menyelesaikan job yang disediakan yaitu dengan mengklik iklan yang sudah tersedia maka akan dibayar sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. 

beberapa minggu atau sekitar sebulan saya menjalankan bisnis tersebut namun hasilnya sangatlah mengecewakan bahkan biaya beli paket internet untuk mengerjakan bisnis itu tidak balik. saat itu memang bayarannya sedikit sehingga hal tersebut membuat saya tidak sabar dan meninggalkannya. 

kemudian saya coba cari lagi bisnis online yang lain sayapun mengenal istilah affiliate marketing,publisher,blog flipping,PPP PTR,PTA dlln.. Berbagai macam bisnis online sudah saya coba dan belum menemukan sesuatu yang cocok dengan bakat dan keinginan saya

     Hingga akhirnya saat menjelajah informasi- informasi di google sayapun mengenal istilah Google adsense dimana telah diakui menjadi situs periklanan nomor satu didunia yang membayar para blogger (sebutan orang yang mengelola blog) atau publishernya dengan mahal. 

namun sayangnya ketika saya telusuri lebih jauh, blog saya yang lebih dulu saya daftarkan di mywapblog.com tidak dapat digunakan untuk bergabung dalam bisnis google adsense. saya pun memutuskan untuk membuat blog pada layanan google yaitu blogger.com 


ternyata banyak kesulitan yang saya temukan di blogger.com ketika menggunakan handphone untuk mengakses dashboard blog, salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah tampilan webnya yang lebar dan tidak otomatis menyesuaikan dengan layar handphone. (tidak responsive)

Contoh ilustrasi gambar 

source: appendipity.com


alhasil saya harus pencet tombol navigasi kanan beberapa kali agar bisa membaca tulisan yang terpotong karena tidak muatnya tampilan laman di layar. selain itu halaman dashboard pun cukup berat untuk di jalankan di handphone karena memang pada dasarnya blogger.com di sediakan untuk dikelola secara professional dengan tampilan dekstop atau komputer.

beberapa minggu saya sangat semangat menulis artikel di blog baru tersebut walaupun sebenarnya begitu kesulitan karena perangkat yang saya gunakan tidak memadai, namun lama kelamaan rasanya jadi sesuatu yang membosankan dan melelahkan blog tersebutpun akhirnya jarang di update

Namun walaupun jarang ngeblog saya tetap dekat dengan yang namanya internet, dan saya banyak belajar secara otodidak disana 

  • Motivasi kembali Blogging


     Setelah sekian lamanya Pada tahun 2014 sayapun tamat dari SMA dan diberangkatkan ke kota untuk bekerja sambil kuliah, saya dibantu oleh saudara saya untuk membeli laptop untuk keperluan kuliah.
kesempatan tersebut tidak saya sia siakan, saya jadi semakin serius ngeblog dan mempelajari tentang banyak hal melalui internet

sayapun mengenal beberapa trik marketing salah satunya SEO (search engine optimalization) yang fungsi utamanya adalah menaikkan traffic blog. sayapun menerapkan setiap ilmu yang sudah saya pelajari lebih serius lagi sambil melakukan blogging

Salah satu keuntungan ngeblog adalah menambah wawasan dan menuangkan wawasan yang ada untuk bisa dimanfaatkan oleh orang lain. selain itu hal lain yang lebih menarik adalah kita dibayar jika berpartner dengan website bisnis dan bayarannya pun tidak boleh dipandang sebelah mata namun itu tergantung dari usaha dan kerja keras kita mengembangkan blog.

Motivasi yang membuat saya tetap semangat ngeblog adalah ketika sebuah logika kehidupan meghampiri saya "jika saya hanya mengandalkan gaji saya yang sebatas UMR mungkin sampai puluhan tahun kedepan pun hidup saya akan seperti ini saja dan tidak akan bisa meraih apa yang saya impikan" dari hal tersebut saya menantang diri saya harus bisa berhasil dan memiliki penghasilan rutin dari internet di Tahun 2016,

Akhirnya saya memutuskan untuk bekerja keras di tahun tersebut. karena aktivitas saya sehari-hari pada saat itu adalah kerja dan kuliah saya hanya memiliki waktu mengembangkan blog mulai dari jam 22.00WIB sampai begadang itu berlanjut sampai beberapa bulan.

  • Pernah ditipu

     Hingga pada suatu waktu, saya merasa ingin lebih cepat berpenghasilan dari internet. dengan modal nekad dengan uang pas-pasan yang saya punya dimana seharusnya untuk biaya hidup satu bulan, saya memutuskan untuk membeli sebuah blog yang traffiknya lumayan tinggi dari sebuah forum jual beli blog.

namun singkat cerita dengan sudah yakin dan penuh kehati - hatian  ternyata saya ditipu. saya sangat jengkel pada saat itu dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi selain menjadikan sebagai pengalaman agar lebih berhati-hati lagi ketika bertransaksi online .

di bulan tersebut hari-hari jadi terasa lama, makan apa adanya, jajan tak ada.. genap sudah penderitaan. 

source: vemale.com

dengan alasan tidak ingin seperti pribahasa "sudah jatuh tertimpa tangga pula" saya tetap menjalankan blog saya dan dengan harapan bisa membantu keunganan saya kedepannya.

dan beberapa waktu lamanya menjalankan blog akhirnya traffic blog pun sudah cukup banyak dan stabil sayapun coba bekerja sama sebagai publisher di media periklanan alternatif yang cukup terkenal dan akhirnya saya mendapatkan penghasilan pertama saya dari bisnis online blog

  • Penghasilan pertama dari bisnis online

    Sebelum merasakan penghasilan dari bisnis online, pertama sekali saya merasakan hasil dari internet adalah hadiah dari TELKOMSEl karena terpilih menjadi salah satu pemenang dengan nilai terbaik dalam program Try Out Online Untuk Seluruh Indonesia yang disediakan provider tersebut.
    Awalnya ceritanya, pada tahun 2014 saat saat dimana Ujian Nasional akan dilakukan ada sebuah sms masuk dari TELKOMSEL yang mengatakan adanya try out online berhadiah dan dalam pesan tersebut ada link yang bisa diklik. sayapun mengunjungi link tersebut dan dihadapkan dengan form pendaftaran terlebih dahulu kemudian setelah itu ditujukan pada soal soal dan mata pelajaran yang biasanya di ujiankan di Ujian Nasional.

Awalnya saya hanya iseng sekedar test pengetahuan dan sayapun menjawab soal-soal yang diberikan oleh telkomsel, dan singkat cerita beberapa bulan berikutnya, dimana saya sudah dikota ternyata ada kabar bahwa saya terpilih menjadi salah satu pemenang dari seluruh indonesia dan berhak mendapatkan hadiah.

Saat itu saya mendapatkan hadiah berupa pulsa kalau tidak salah senilai 1 juta rupiah. saya sama sekali tidak menyangka akan menang, tapi ya itulah ceritanya
oke, mari kembali lagi ketopik yaitu penghasilan pertama saya dari bisnis online, karna cerita diatas bukanlah bisnis online melainkan hadiah. :D

    Jadi,  Penghasilan pertama saya dari bisnis online tidaklah besar, dibulan pertama hasil dari berpartner dengan media periklanan alternatif tersebut saya hanya bisa mengumpulkan sekitar 5$



namun walaupun sedikit itu merupakan suatu kepuasan buat saya karena itu adalah satu bukti bahwa ternyata menghasilkan uang dari internet itu betul-betul nyata dan tidak semuanya menipu. karna banyak juga pengalaman saya berhadapan dengan bisnis yang SCAM (tidak membayar) namun berkat pengalaman itu saya jadi lebih detail dan lebih tahu cara memilih mana bisnis yang jujur dan yang menipu. 

      Kemudian setelah itu saya coba lagi bekerjasama pada bisnis iklan lain di salah satu ppc yang banyak dibicarakan diforum-forum terkenal  yang katanya pembayarannya legit. sayapun mencobanya dan hasilnya cukup memuaskan.



     Untuk memaksimalkan pendapatan saya juga mendaftarkan diri dan bekerja sama sebagai affiliate marketing di Marketplace Produk Digital Indonesia. Untuk bisnis affiliate marketing memang cukup susah untuk di kembangkan terutama untuk target Indonesia mengingat masyarakat Indonesia yang masih kurang percaya dengan online transaction 

statistic komisi affiliasi


    Coba perhatikan statistic affiliasi diatas, setelah beberapa bulan saya hanya mendaptkan komisi sekali saja dari program affiliasi yang saya jalankan, pendapatan ini sangatlah kecil dibanding orang yang konsisten didalamnya. dan perlu kamu ketahui bisnis online yang saya jalankan tidak semuanya berhasil namun saya senang bisa mengenal sistem kerja dari setiap bisnis online sehingga saya bisa menyaring bisnis apa yang tepat untuk saya pribadi.


  • Pernah Bosan Ketika Mengurus blog



    Ketika berpartner beberapa bulan dengan media periklanan ternyata "ibarat mengunyah permen karet semakin lama rasanya semakin hilang". saya merasakan pendapatan yang semakin hari semakin menurun padahal traffic blog semakin meningkat.

saya merasakan seperti ada sedikit kecurangan dalam program periklanan tersebut. hal itu membuat saya kecewa dan menyebabkan aktivitas yang biasanya dilakukan dengan semangat semakin lama berubah menjadi jenuh karena penghasilan tidak sesuai dengan kerja keras, dimana saya hampir harus tidur pagi setiap harinya untuk mengejar daftar tugas yang saya buat sendiri didalam sebuah buku kecil (notes)
notes

  • Banting Stir Ke Android Developer


source : solusimobil.com

     Menjadi android developer memang tidak mudah selain harus butuh modal diawal kita juga dituntut untuk bisa menguasai program, marketing, desain gambar,membaca permintaan pasar dan banyak lagi, karna jika tidak maka yang terjadi adalah rugi.

Namun karna saya memang cukup suka program dan desain  ditambah ilmu ilmu marketing dan ilmu lain yang sudah saya pelajari sekian lama pada saat blogging maupun saat kuliah sayapun merasa tertantang untuk mengimplementasikan yang saya pelajari dan mencoba untuk terjun ke Android Developer

      Disaat saya sambil kuliah dengan biaya pas-pasan membuat saya yang seharusnya menunggu beberapa bulan untuk mengumpulkan uang agar bisa terjun ke dunia developer, saya kembali nekad menggunakan gaji yang seharusnya saya gunakan untuk membayar uang kuliah menjadi output ke android developer.

hal nekad ini kembali dikuatkan karena motivasi besar itu, dimana saya harus bisa berhasil di Tahun 2016.  hal tersebut membuat saya berani mengambil resiko besar dan satu hal lainnya yang memberanikan saya waktu itu adalah prinsip orang sukses yang mengatakan"

"Kalau ingin mengalami perubahan besar maka harus berani mengambil resiko yang besar".

Saat itu adalah saat paling menguras pikiran, waktu dan tenaga saya, dimana saya harus bekerja ditambah juga dengan masa masa sibuk kuliahan pada semester 5, membuat saya harus menentukan sebuah pilihan hidup.

Bagi saya point penting dari tujuan kuliah adalah belajar dan bisa mengimplementasikan  apa yang sudah dipelajari dan dimanfaatkan untuk kehidupan yang lebih baik, sedangkan kertas itu berfungsi jika kamu ingin digunakan sebagai pekerja. 

karna saya bukan orang yang suka sebagai pekerja tapi orang yang bekerja jadi saya memutuskan tidak terlalu butuh kertas itu dan dengan pemikiran yang matang dan mengatur strategi yang tepat , dengan yakin saya memutuskan untuk langsung fokus ke impian saya yang sesungguhnya.

     Singkat cerita, dengan tidak sedikit waktu,pikiran, tenaga dan berbagai masalah program dan pengalaman  yang saya alami, sayapun akhirnya berhasil mengembangkan sebuah program android dan mempraktekkan ilmu marketing yang sudah saya pelajari.

besoknya saya berhasil mengumpulkan Rp.1032 selanjutnya besoknya lagi saya melihat peningkatan menjadi Rp.23.870, saya sangat senang dan sangat bersyukur karena sama sekali tidak menyangka peningkatan akan secepat itu.

tidak lupa sayapun mengabadikan pendapatan pertama saya dari Google Adsense. karena ini adalah awal dari  kisah selanjutnya dan semoga akan menjadi alur cerita yang dapat menginspirasi banyak orang.



  • Mendapatkan PIN dari Google Adsense

   Sebulan lamanya setelah mendapat notifikasi dari google adsense hal yang paling saya tunggu-tunggu saat itu adalah kedatangan PIN dari Google adsense. Ini adalah salah satu syarat agar bisa menerima pembayaran dari google. dengan penantian sekitar hampir 3 bulan akhirnya PIN dari google adsense pun sampai ke tujuan dengan selamat.

Bayangkan saja karena menunggu selembar surat tersebut sehari saja terasa lama, apalagi menunggunya selama itu. disini betul betul menguji kesabaran

tapi justru itu yang membuat kedatangannya jadi sesuatu yang surprise  :D



  • Gajian pertama dari Google

     Hal yang paling ditunggu-tunggu berikutnya adalah Gajian pertama dari Google, ini merupakan suatu pencapaian yang besar bagi saya. karena sebelumnya saya tidak menyangka bisa secepat itu dalam mengumpulkan Dolar ($) dari situs periklanan terbesar tersebut.

Saya sangat senang dan bersyukur karena Tekad dan Motivasi saya dimana pada Tahun 2016 harus bisa mendapatkan penghasilan dari Bisnis Online bisa tercapai

Tepatnya 21 November 2016, Pada gajian pertama saya berhasil mendapatkan bayaran sekitar 3,5 Juta. Hal tersebut semakin menambah semangat saya mendalami bisnis tersebut, apalagi bisnis tersebut adalah milik perusahaan besar seperti google




=====================================================================
   

        Beberapa bulan kemudian sayapun membeli keperluan untuk memaksimalkan pekerjaan ini yaitu membeli laptop yang kinerja lebih baik dan juga handpone sebagai media belajar dan test program. Sebagian juga saya sisihkan untuk membantu orang tua karna ini juga jadi poin penting jika ingin Rezeki kita ditambahkan oleh-Nya


  • Fokus & Lebih Fokus Lagi
    
     Seperti Bisnis pada umumnya jika kita fokus dan mengembangkan secara serius maka penghasilan akan terus bertambah dengan syarat bisnis tersebut adalah bisnis yang sehat. Pada saat itu saya semakin semangat dan serius tidak lupa saya selalu berdoa pada Tuhan akan apa yang saya lakukan, karna saya yakin Dialah sumber rezeki sesungguhnya

    Dari kerja keras dan fokus tersebut singkat cerita pendapatan sayapun tiap bulan semakin bertambah dari 5 juta, 10 juta , 15 juta , 20 juta , 25 juta dan pada puncaknya saya pernah mencapai kurang lebih sekitar 40 juta dalam satu bulan.

Pada saat itulah tepatnya 23 Mei 2017 saya berhasil menggenapi salah satu impian saya sejak kecil membeli motor sport impian secara CASH sebesar 65 Jutaan pada saat itu. saya sama sekali tidak menyangka akan meraihnya hanya dalam beberapa bulan saja.

    Beberapa lama kemudian sayapun mengambil sebuah keputusan baru agar bisa lebih fokus lagi dalam menjalankan bisnis ini dan saya memutuskan untuk Resign dari pekerjaan lama saya.

  • Motor Sport CBR250RR 
Irwan Manurung



   Dan berlanjut  hingga impian berikutnya, dibawah ini hanya beberapa yang bisa saya share, oh ya semua ini tidak terjadi begitu saja (instan) tetap ada yang namanya proses :)

  •  Perlengkapan Video & Audio

Canon Eos M100 + Canon 55 - 250mm IS STM
Asus A456U Core i5, 12GB


Xenyx Q802USB

Yamaha APX600

JBL Charge 3

ATH M40X
Mic Samson Q7



DJI Spark Combo

  • Media Hiburan

Playstation 3


  • Rumah
Dan saat ini adalah proses pembangunan rumah, Semoga kedepannya selalu lancar. dan saya yakin tidak akan sampai pada saat ini jika tidak ada ikut campur tangan Tuhan dalam setiap pekerjaan dan usaha yang saya lakukan
     



Saya sangat bersyukur atas pengalaman dan Rezeki yang Tuhan berikan kepada saya hingga saat ini


     Mungkin impian saya selanjutnya akan saya sambung kembali diartikel ini nanti..


"Semoga Menginspirasi dan Semoga kalian juga bisa mendapatkan apa yang kalian impikan" Amin..

------- 
Namun ada satu hal yang harus kawan ketahui, bisnis itu resikonya tinggi namun jika kamu berani, selalu berusaha dan belajar dari pengalaman bersiap siaplah untuk sukses.  penghasilan pebisnis itu tidak stabil tergantung dari usaha dan kerja keras, kadang naik kadang turun dan itu memang sudah biasa bagi pebisnis. namun apapun itu pesan saya tetaplah berada pada langkah yang benar dan berbisnislah dengan sehat :)

    Itulah sepelintir kisah saya tentang dunia internet yang saya jelaskan dengan transparan dan berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak ada settingan sedikitpun karena tulisan ini saya sajikan untuk menjadi inspirasi dari kisah yang betul-betul nyata.


  • Motivasi:
"Berani mengambil Resiko Adalah Ciri Orang Sukses"
"Jangan melakukan kesalahan yang sama"
"Bekerja Sambil Berdoa"


 
Top